Kamis 22 Mar 2018 13:51 WIB

Lagu Gloria Estefan Masuk Daftar Lagu Bersejarah AS

Rythm Is Gonna Get You meledak di tahun 1987.

Rep: Christiyaningsih/ Red: Indira Rezkisari
Gloria Estefan
Foto: EPA
Gloria Estefan

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Lagu lawas yang dibawakan Gloria Estefan dan bandnya The Miami Sound Machine berjudul Rhythm Is Gonna Get You memperoleh kehormatan dari Perpustakaan Kongres Amerika Serikat (AS). Pada Rabu (21/3) waktu setempat, lagu tersebut bersama 24 lagu legendaris lainnya diabadikan masuk dalam The National Recording Registry.

Dikutip dari Miami Herald, Perpustakaan Kongres AS setiap tahunnya memang memberikan penghargaan kepada musisi atas jasanya pada budaya, sejarah, dan pengaruh di industri musik AS. Produser lagu Rhythm Is Gonna Get You Emilio Estefan mengatakan Gloria dan Kiki sebagai penulis lagu telah membawa suara baru dalam bermusik.

"Mereka dan saya sebagai produser sangat antusias. Kami mengambil kesempatan. Satu-satunya jalan untuk memajukan musik adalah dengan membawa perubahan baru untuk menciptakan sejarah. Jadi inilah sejarah itu," ungkap Emilio.

Rhythm Is Gonna Get You berhasil masuk dalam 10 besar tangga lagu AS pada 1987 bersanding dengan hits lain I Still Haven't Found What I'm Looking For milik U2 dan Heart and Soul dari T'Pau.

"Itu adalah kombinasi suara dari generasi yang berbeda saat Miami Sound Machine masuk ke kancah musik. Anda melihat pengaruh Latin. Kami bahagia untuk kota itu dan terutama untuk musiknya melebihi apapun. Kami merasa tersanjung dan diberkahi dalam karier musik," jelas Emilio.

Karakter suara dan penampilan Gloria Estefan kala itu membawa dampak besar dalam kehadiran Miami Sound Machine. Mereka memiliki identitas jelas di tengah dominasi musik pop yang saat itu dikuasai penyanyi seperti Madonna, Whitney Houston, dan Michael Jackson.

"Penghargaan tahunan ini mengingatkan kita akan keragaman dan kemajuan di Amerika. National Recording Registry adalah mencerminkan berbagai kultur dan karya bisa bersatu dalam musik," kata Carla Hayden selaku perwakilan Perpustakan Kongres AS.

Selain Rythm is Gonna Get You, penghargaan serupa juga diberikan kepada soundtrack legendaris film The Sound of Music, dan lagu disko Le Freak. We're Gonna Rock Around the Clock yang dibawakan Bill Haley dan Comets pada 1954 juga masuk dalam daftar tersebut sebagai penanda bangkitnya musik rock 'n roll, dilansir dari Malay Mail Online.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement