Rabu 21 Mar 2018 02:37 WIB

Gua Putri dan Gua Harimau Sambut Asian Games

Dua objek ini menjadi salah dua yang difokuskan promosinya.

Gua Harimau.
Foto: IST
Gua Harimau.

REPUBLIKA.CO.ID, BATURAJA -- Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan akan fokus mempromosikan dua objek wisata untuk menyambut Asian Games 2018. Keduanya adalah Gua Putri dan Gua Harimau. 

"Promosi kedua objek wisata ini karena diprakirakan wisatawan asing akan banyak berkunjung ke Sumsel terutama menghadiri pelaksanaan Asian Games 2018, sehingga diharapkan wisatawan itu juga bisa berkunjung ke Kabupaten OKU," kata Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Ogan Komering Ulu (OKU), Faisol Ibrahim di Baturaja, Selasa (20/3).

Provinsi Sumatera Selatan menjadi tuan rumah penyelenggara Asian Games 2018 bersama DKI Jakarta akan dimanfaatkan oleh pihaknya untuk menyosialisasikan objek wisata alam tersebut. "Dari beberapa objek wisata di OKU, ada dua yang akan fokus dipromosikan yaitu Goa Hariamau dan Goa Putri di Kecamatan Semidang Aji," katanya.

Sebab kata dia, kedua objek wisata ini memiliki legenda dan sejarah yang masih alami misalnya Goa Harimau yaitu terdapat misteri Kepurbakalaan 3.000 sampai 5.000an tahun lalu.

Dengan demikian diharapkan turis luar dapat mengenal lebih dekat objek wisata yang ada di wilayah itu sehingga berdampak pada peningkatan kunjungan wisata untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) OKU.

Pihaknya dalam waktu dekat akan berkoordinasi dengan Disbudpar Sumsel agar biro perjalanan wisata mengajak para atlet dan ofisial Asian Games 2018 mengunjungi objek wisata yang ada di OKU.

Sebagai persiapan, pihaknya akan menambah fasilitas pendukung seperti memperbaiki jalan setapak dan pagar dalam Gua Harimau serta talud mengunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan APBD OKU.

Selain itu juga akan meningkatkan kebersihan lingkungan di sekitar objek wisata tersebut sehingga para wisatawan nyaman saat berkunjung. "Untuk fasilitas lainnya seperti tempat santai dan tempat bermain sampai saat ini belum ada, namun nanti diusahakan," tegasnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement