Senin 19 Mar 2018 18:27 WIB

6 Aplikasi Makanan Halal yang Perlu Diketahui

Aplikasi makanan halal membantu menemukan makanan dan tempat makan bagi Muslim.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Indira Rezkisari
Logo halal terpampang dipintu masuk salah satu restoran cepat saji di Jakarta, Ahad (16/10).
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Logo halal terpampang dipintu masuk salah satu restoran cepat saji di Jakarta, Ahad (16/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menemukan makanan halal menjadi lebih mudah dalam beberapa tahun terakhir. Banyak negara yang mayoritas penduduknya non-Muslim, memasok makanan halal di pasar swalayan. Pun saat ini, makanan halal di area turis, tak hanya terbatas pada kebab.

Dilansir dari My Salaam pada Senin (19/3), internet memainkan peran penting menginformasikan perbagai tulisan di blog dan situs web menyoal makanan halal. Belakangan, berbagai aplikasi spesialis makanan halal bermunculan di toko pesan pintar. Hal itu memastikan Muslim tak perlu hanya makan sayur dan ikan saat berlibur.

Bahkan, orang-orang seperti Deliveroo dan UberEats memperkenalkan filter halal untuk membantu anda memilih makanan halal dengan bijak.

HalalEat, portal makanan take away pertama dan terkemuka di Inggris tengah mengembangkan aplikasi HalalEat untuk melayani lebih dari 1,1 juta. Kendati demikian, My Salaam merangkum enam aplikasi makanan halal yang harus Anda ketahui.

1. Halal Advisor

Pendiri Aladdin Moukhallalati menciptakan Halal Advisor setelah Sensus Australia pada 2016. Hasil sensus menunjukkan populasi Muslim di negara tersebut tumbuh secara signifikan.

"Saya seorang Muslim dan (saya) selalu berusaha mencari makanan halal untuk dimakan saat saya di tempat kerja atau dengan teman, bersosialisasi," kata Moukhallalati.

Ia mengatakan aplikasi Halal Advisor membuatnya tak perlu menelepon atau keluar masuk restoran menanyakan apakah ada menu yang dapat Moukhallalati santap. Setidaknya, sebanyak 2.000 restoran halal ada dalam daftar Halal Advisor. Aplikasi itu menjadi nomor satu di Australia, menampilkan pilihan take away, makan malam, and layanan pesan antar.

2. Zabihah

Panduan yang berbasis di Amerika Serikat ini membawa database halal dan toko makanan halal yang paling komprehensif ke perangkat telepon genggam. Didirikan oleh Shahed Amanullah pada 1998, Zabihah.com menjadi pelopor yang menampilkan restoran halal, masjid, pasar, dan toko kelontong.

Aplikasi ini juga menawarkan pilihan meninggalkan ulasan, mengetahui lebih lanjut tentang keaslian halal atau sertifikasi penawaran tertentu. Serta, mengetahui jam kerja, harga, dan peringkat khusus untuk tempat tertentu.

3. Scan Halal

Pernah ada di dalam supermarket dan mencoba menguraikan label makanan pada makanan kemasan favorit. Anda tak perlu lagi mempertanyakan ihwal apakah suatu produk halal atau tidak? Aplikasi Scan Halal memungkinkan Anda memindai barcode barang kemasan. Segera, Anda akan mendapat hasil pindaian, yakni halal, mashbooh, atau non-halal.

Jika produk yang dipindai mengandung bahan haram, pengguna diberi pilihan untuk melihat produk alternatif yang diperbolehkan berdasarkan pengaturan makanan mereka. Aplikasi ini sudah memiliki lebih dari satu juta pengguna dan lebih dari 750 ribu produk terdaftar di database-nya.

4. Crave Halal

Dengan lebih dari 13 ribu restoran halal lokal yang lezat di Amerika Serikat, Kanada, dan Korea Selatan hanya dengan sekali klik, tim di balik aplikasi iOS dan e-website akan memverifikasi status halal pada Anda. Versi Android yang berjalan dengan baik, database Crave Halal diperkirakan akan bertambah.

5. Halal Spot

Penawaran lain di Inggris, ada pada aplikasi Halal Spot. Aplikasi itu membuat seseorang mudah menemukan restoran halal, kafe, dan lounge. Aplikasi ini juga memungkinkan berbagi pengalaman dan menjadi bagian dari komunitas Halal Spot.

6. Halal Trip

Dijuluki sebuah toko satu atap untuk segala informasi halal. Aplikasi Halal Trip memiliki semuanya, restoran halal terdekat, liburan halal, mencari kiblat atau mencari lokasi tempat ibadah tertentu. Tersedia dalam lima bahasa untuk pengguna iOS dan Android. Aplikasi yang berbasis di Singapura itu, membuat perencanaan pilihan makan Anda selama liburan sangat mudah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement