Sabtu 17 Mar 2018 14:05 WIB

Rajin Olahraga Saat Hamil Permudah Proses Melahirkan

Juga mengurangi rasa sakit pada punggung dan meningkatkan level energi.

Rep: Christiyaningsih/ Red: Yudha Manggala P Putra
Ibu hamil berolahraga
Foto: webmd
Ibu hamil berolahraga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjaga keseharian tetap aktif saat sedang hamil bisa mempermudah proses melahirkan nantinya. Sebuah studi yang dilakukan peneliti dari Technical University of Madrid mengungkap banyak keuntungan yang didapatkan ibu hamil dengan berolahraga.

Di antaranya mengurangi rasa sakit pada punggung, meningkatkan level energi, dan mempercepat pemulihan pascamelahirkan. Independent yang mengutip What to Expect menyebut rajin olah raga saat hamil juga melancarkan proses melahirkan.

Dalam penelitian yang dipimpin oleh Profesor Ruben Barakat, ada 508 wanita hamil yang dilibatkan. Mereka dibagi ke dalam dua kelompok. Kelompok pertama berisi 253 wanita sebagai grup kontrol. Sedangkan kelompok lain yang berisi 255 wanita diperlakukan sebagai grup yang rajin berolahraga.

Mereka yang berada di grup olah raga melakukan program aerobik moderat secara rutin selama hamil. Kelas aerobik dilakukan tiga kali dalam sepekan.

Para peneliti menganalisis sejumlah faktor dari masing-masing ibu hamil. Faktor yang diamati antara lain durasi yang dibutuhkan ibu untuk mengeluarkan bayi ketika tiba saat melahirkan, bagaimana kondisi saat melahirkan, penggunaan epidural untuk mengurangi rasa sakit, berat badan ibu, dan berat badan bayi.

Hasilnya didapati bahwa para ibu yang rajin ikut kelas aerobik selama hamil membutuhkan waktu melahirkan yang lebih cepat daripada ibu di grup lain.

"Olah raga rutin yang disupervisi selama kehamilan mengurangi durasi yang dibutuhkan saat akan melahirkan. Ibu hamil yang rajin berolah raga juga lebih sedikit menggunakan epidural," demikian penjelasan yang ditulis para peneliti. Keuntungan lain yang didapat dari rajin berolah raga selama hamil adalah kemudahan sang ibu untuk kembali ke bentuk tubuh semula seperti sebelum hamil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement