Rabu 14 Mar 2018 05:55 WIB

Sogi Bebaskan Anak Bermain di Luar Rumah

Menurut dia, bagus untuk melatih sensorik dan motorik si anak.

Komedian Sogi Indra Dhuaja
Foto: Instagram/@sisogi
Komedian Sogi Indra Dhuaja

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Bagi presenter sekaligus bintang komedi Sogi Indra Dhuaja, menikmati suasana di luar ruangan seperti bermain di taman sangat baik untuk tumbuh kembang anak. Karena itu, ia membebaskan buah hatinya untuk bermain di ruang terbuka untuk melatih sensorik dan motorik si anak.

Terlebih lagi pria kelahiran Bandung 39 tahun lalu itu memiliki pengalaman saat masih tinggal di kontrakan di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Saat itu, keadaan lingkungan rumah hanya bisa dilewati bajaj dan kendaraan lainnya sehingga anak-anak hanya bisa bermain-main di dalam rumah terus-menerus.

"Dulu anak saya hanya main di dalam rumah, dengan mainan dan nonton televisi karena ruang geraknya terbatas. Setelah itu, anak saya harus menjalani terapi untuk mengasah kemampuan sensoriknya karena dia jarang bermain di luar ruangan," katanya saat ditemui di acara Salicylfresh Teman Main di Taman Langsat, Jakarta Selatan, Selasa (13/3).

Akhirnya keluarganya pindah ke Bintaro yang lingkungannya lebih luas sehingga anak-anak bisa bermain sepeda dan lari-lari. "Ternyata rangsangan ke anak itu dari banyak faktor eksternal, tidak hanya dari keluarga," ujar penyiar salah satu radio di Jakarta itu.

Kondisi tersebut membuat dirinya sadar bahwa kebutuhan bermain anak di luar ruangan sangat penting. Ruang terbuka dapat membebaskan anak untuk mengeksplorasi diri dan mengasah kemampuan sensorik.

Hiruk pikuk kota yang terasa di antara gedung perkantoran, bangunan bertingkat, dan jalan raya yang sarat dengan padatnya arus lalu lintas memang mengakibatkan minimnya ruang aman dan nyaman untuk bermain dan belajar bagi anak-anak.

Akibat tingginya intensitas berkegiatan di dalam ruangan, generasi muda, khususnya anak-anak, yang berada di kota besar tumbuh tanpa ikatan yang kuat dengan alam.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement