Ahad 11 Mar 2018 16:35 WIB

Facebook Jalin Kesepakatan Lisensi dengan Warner Music

Kemitraan tersebut bantu ciptakan pendapatan tambahan bagi seniman.

Rep: Noer Q Kusumawardhani/ Red: Indira Rezkisari
Facebook
Foto: EPA
Facebook

REPUBLIKA.CO.ID, SAN FRANCISCO -- Facebook telah mengumumkan kesepakatan lisensi dengan Warner Music. Dua miliar pengguna Facebook akan segera dapat mengunggah menggunakan katalog Warner Music dengan cara yang lebih kreatif.

Daftar artis yang ada di katalog tersebut termasuk Ed Sheeran dan Coldplay. "Kemitraan kami dengan Facebook akan membantu memperluas dunia streaming musik dan menciptakan pendapatan tambahan bagi para seniman," ujar Kepala Digital Waner Music Group, Ole Obermann, dikutip dari The Malay Mail Online, Ahad (11/3).

Video yang dibuat penggemar, kata Obermann, adalah salah satu cara musikal yang paling pribadi, sosial dan sering berkembang sehingga musik dapat dinikmati. Namun, potensi komersialnya sebagian besar belum dimanfaatkan.

Warner kemudian menuturkan telah bertahan untuk kesepakatan terbaik setelah dua pesaingnya, Universal Music dan Sony Music menandatangani kesepakatan dengan Facebook dalam beberapa bulan terakhir. Selain itu, Facebook telah mengatakan ini adalah cara yang lebih personal bagi pengguna jika inginmengunggah musik.

Perusahaan Mark Zuckerberg telah mengambil alih terkait streaming musik sama seperti perusahaan Apple dan Google yang sedang melakukan investasi besar-besaran di sektor baru. Facebook juga telah berusaha untuk mencari konten yang disematkan tanpa hak cipta ketikaunggahan musik ada di mana-mana. Penggemar saat tidak mengunggah video buatan mereka menyematkan link ke situs lain seperti YouTube dan Spotify.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement