Sabtu 10 Mar 2018 08:08 WIB

Wisata Desa Pelangi di Burano, Venesia

Pulau ini terkenal dengan rumah-rumahnya yang warna-warni seperti pelangi.

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Wisata desa Pelangi, Italia.
Foto: Amusing Planet
Wisata desa Pelangi, Italia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Burano adalah sebuah pulau di Northern Venetian Lagoon, hanya 40 menit dari Venesia, Italia yang bisa diakses dengan mengendarai perahu. Burano adalah sebuah desa nelayan tua yang sudah ada sejak masa Romawi kuno. Pulau ini terkenal dengan rumah-rumahnya yang warna-warni seperti pelangi.

photo
The Colorful Island of Burano, Italy.

Dilansir dari Amusing Planet, Burano didirikan oleh sekelompok orang Roma yang melarikan diri dari kota Altino selama invasi barbar. Rumah-rumah pertama Burano hanya dibangun dari palafittes dengan dinding yang terbuat dari tongkat kayu yang digunakan untuk menenun, kemudian dipoles dengan tanah lumpur.

photo
The Colorful Island of Burano, Italy.

Rumah-rumah lama itu kemudian digantikan dengan rumah-rumah yang terbuat dari batu bata dan penduduk mulai mengecatnya dengan warna-warna cerah. Asal usul warnanya tidak diketahui, tetapi menurut cerita tahun lalu, ketika para nelayan kembali dari laut, mereka tidak bisa mengenali rumah mereka karena kabut tebal yang muncul pada malam hari. Masyarakat akhirnya mulai mengecat rumah-rumah mereka dengan warna berbeda satu sama lain.

photo
The Colorful Island of Burano, Italy

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement