Kamis 08 Mar 2018 18:32 WIB

Ini Dia Wanita Terkaya di Dunia

Jumlah perempuan sangat kaya di dunia meningkat 12 persen.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Alice Walton, pewaris jaringan bisnis Wallmart.
Foto: Wikipedia
Alice Walton, pewaris jaringan bisnis Wallmart.

REPUBLIKA.CO.ID, BENTONVILLE -- Pemilik jaringan ritel Wallmart, Alice Walton, dinobatkan sebagai perempuan terkaya di dunia. Putri pendiri Walmart, Sam Walton, itu memiliki kekayaan bersih 46 miliar dolar AS (sekitar Rp 633 triliun).

Pada pemeringkatan sosok perempuan terkaya yang dilakukan Forbes, Alice menggantikan posisi pemilik ternama L'Oreal. Mendiang Liliane Bettencourt yang memiliki lini kosmetik terkemuka itu berpulang pada September 2017.

Kepemimpinan Bettencourt digantikan putrinya, Francoise Bettencourt Meyers, yang menempati peringkat kedua (42,2 miliar dolar AS). Pada peringkat ketiga ada pebisnis Jerman Susanne Klatten dengan kekayaan 25 miliar dolar AS.

Peringkat selanjutnya ditempati pengusaha AS Jacqueline Mars (23,6 miliar dolar AS) dan pengusaha real estate Cina Yang Huiyan (21,9 miliar dolar AS). Pada posisi keenam, ada istri Steve Jobs, Laurene Powell Jobs (18,8 miliar dolar AS).

Sementara, pengusaha pertambangan Australia Gina Rinehart ada di tempat ketujuh (17,4 miliar). Nama-nama lain yaitu Iris Fontbona dari Cile (16,3 miliar), Abigail Johnson dari AS (15,9 miliar), dan Charlene de Carvalho-Heineken dari Belanda (15,8 miliar).

Masih berdasarkan pendataan Forbes, jumlah perempuan sangat kaya di dunia saat ini meningkat sebanyak 12 persen. Terdapat 256 perempuan yang masuk dalam daftar miliuner Forbes 2018, sementara tahun lalu hanya 227 orang.

Mayoritas perempuan terkaya dalam daftar memang mewarisi kekayaan keluarga. Namun, secara keseluruhan jumlah pengusaha yang menjadi miliarder atas usahanya sendiri kian bertambah, yakni melonjak 29 persen sejumlah 72 orang.

Pada daftar miliarder secara umum, peringkat 15 besar masih diisi oleh para pria. Sosok yang tercatat paling kaya adalah pendiri Amazon Jeff Bezos yang kekayaannya diestimasi sebesar 112 miliar dolar AS, dikutip dari USA Today.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement