Rabu 07 Mar 2018 05:57 WIB

9 Kegiatan yang Bisa Hasilkan Uang Tambahan

Dengan memahami skil diri, uang tambahan bisa diperoleh dengan cukup mudah.

Tabungan
Foto: pixabay
Tabungan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada zaman modern seperti saat ini, tidak ada alasan untuk tidak punya uang. Sebab, ada banyak hal yang bisa dicoba dengan cukup mudah. Aktivitas tersebut bisa menghasilkan uang.

Peluang seperti ini malah ada dalam kehidupan sehari-hari. Kita hanya tinggal mengetahui apa yang bisa kita lakukan, atau apa skill kita, setelah itu kita sudah bisa memulai aktivitas tersebut.

Setiap orang memang diberikan bakat yang berbeda-beda, namun bakat tersebut sebaiknya tidak disimpan begitu saja. Cobalah untuk mengeksplore, apa saja aktivitas yang sekiranya sesuai dengan keahlian yang dimiliki, agar bisa memaksimalkan aktivitas tersebut menjadi sebuah pekerjaan yang tentunya menghasilkan.

Berikut ini aktivitas-aktivitas sehari-sehari yang bisa memberikan uang tambahan.

Hobi Fotografi, Coba Jadi Fotografer

Aktivitas yang satu ini sepertinya hampir diminati setiap orang, namun untuk yang mengetahui secara khusus dan mendalam tentang fotografi, hanya beberapa orang saja yang memang menyukai dan mau belajar tekniknya dengan benar.

Saat ini ada banyak event besar seperti pernikahan, hingga acara ulang tahun membutuhkan jasa fotografi. Jika kamu memiliki skill memotret yang maksimal, dan peralatan yang mendukung, kenapa tidak coba untuk menjadi fotografer.

Penulis Puisi

Kamu yang mempunyai hobi menulis puisi, juga memiliki peluang yang bagus untuk bisa menghasilkan uang. Jika memiliki banyak tulisan  puisi yang indah, coba untuk menawarkan hasil karyamu kepada pihak penerbit.

Saat ini, ada banyak penerbit independen yang suka menawarkan konsep Self Publish untuk para penulis pemula. Dalam hal ini, kamu harus terus mengasah kemampuan menulis puisi, agar bisa menciptakan puisi yang lebih indah lagi.

Hobi Memasak, Mulai Publikasikan

photo
Pelaku bisnis harus pintar dan bisa membuat kuenya sendiri.

Buat para kaum perempuan muda yang mempunyai hobi memasak, kini saatnya masakanmu dicicipi juga oleh orang lain. Coba membuat konsep makanan yang lebih unik dan enak tentunya, lalu mulai jual ke orang-orang terdekat. Jika mereka menyukainya, itu berarti masakanmu memang layak untuk mulai dipublikasikan.

Macet? Bisa Juga Menghasilkan Uang

Bagaimana bisa saat kendaraan sedang mengalami macet di tengah kota, kamu malah menyebutnya sebagai peluang untuk bisa menghasilkan uang? Tentu saja, ini memang peluang yang bagus untuk mendapatkan uang, dengan cara mendaftar menjadi driver jasa transportasi online. Selain bisa menambah uang, kita juga menolong orang lain agar terbebas dari stres kemacetan kota.

Suka Make Up? Saatnya Jadi MUA

photo
Make up

Sekali lagi, peluang yang bisa mendatangkan uang tambahan untuk para wanita saat ini, adalah menjadi MUA. MUA atau make up artist, saat ini menjadi peluang usaha yang bisa dibilang instant. Yang penting, kamu memang suka make up dan memiliki peralatan make up yang cukup bagus. Kamu bisa mencoba mempraktikan kemahiranmu bermake up kepada wajah wanita lainya.

Suka Bervideo, Saatnya Kamu Ditonton Orang

Jika kamu salah satu orang yang suka merekam aktivitas sehari-hari, atau merekam situasi dan obrolan penting lewat video, kamu harus mulai menjadikan ini sebagai lahan untuk bisa mendatangkan uang tambahan. Untuk membuat video yang layak untuk ditonton, tentunya kamu harus membuat konsepnya terlebih dulu.

Belanja, Tetap Bisa Hasilkan Uang

photo
Wanita sedang berbelanja.

Belanja atau shopping biasanya identik dengan boros dan menghabiskan uang. Namun, Belanja tidak selalu seperti itu. Bagi wanita yang berpikiran kreatif, belanja malah akan membuat dia memiliki uang tambahan. Bagaimana caranya?

Cobalah untuk menjadi personal buyer untuk mencarikan barang-barang yang bagus. Khususkan pada kategori fashion, kamu juga bisa menjual kembali barang-barang lama yang dimiliki lewat garage sale atau lewat media sosial.

Gambar untuk Orang lain

Khusus untuk kamu yang berbakat dalam bidang gambar, kamu bisa melakukan aktivitas ini untuk mendatangkan uang tambahan. Buatlah gambar sketsa yang diinginkan seorang Klien untuk hasil yang maksimal. Kamu bisa membuat desain untuk kartu undangan, atau membuat sketsa wajah seseorang.

Maksimal di Suara, Bisa Jadi Announcer Radio

Perhatikan dirimu sendiri, apakah kamu termasuk orang yang suka berbicara? Apa teman-teman sekitar sering menyebut kamu cerewet atau sangat aktif berbicara? Jika jawabanya iya, bisa dibilang kamu adalah orang yang memiliki kelebihan dalam hal berbicara.

Untuk aktivitas seperti ini, kenapa tidak mencoba untuk melamar jadi penyiar radio. Radio-radio sekitar kota kita biasanya membutuhkan penyiar yang pintar berbicara dan juga memiliki suara yang khas. Selain mendapat tambahan uang, kamu juga bisa belajar menjadi MC dan pengalaman baru di bidang penyiaran.

Artikel ini hasil kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement