Jumat 23 Feb 2018 05:36 WIB

Arti Kesuksesan Bagi Wanita Modern

Kesuksesan di mata wanita modern berbeda dengan wanita di era sebelumnya.

Ibu dan wanita karier/ilustrasi
Foto: straighterline.com
Ibu dan wanita karier/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kesuksesan pada umumnya merupakan sebuah kemampuan seseorang untuk melakukan hal-hal yang disenanginya. Semua orang memiliki dambaan kesuksesan di dalam perjalanan hidupnya. Namun setiap orang memiliki arti kesuksesannya masing-masing, baik muda hingga tua bahkan bagi pria dan wanita.

Tentunya pandangan kesuksesan yang dimiliki berbeda satu sama lainnya. Lalu bagaimana arti kesuksesan bagi kaum wanita modern? Tentunya memiliki makna yang berbeda dibandingkan wanita pada era sebelumnya. Kaum wanita modern dikenal dengan sifat yang sedikit ambisius dibandingkan kaum wanita pada zaman sebelumnya.

Jika wanita sebelumnya banyak yang berperilaku pasif, maka kaum wanita modern cenderung lebih aktif dan agresif. Wanita modern juga tidak menggantungkan diri pada orang lain, hanya pada dirinya sendiri. Berikut ini penjelasannya mengenai kesuksesan menurut definisi kaum wanita modern. 

photo
Wanita karier bugar/ilustrasi

Memiliki Kendali pada Karier

Salah satu arti kesuksesan bagi kaum wanita modern adalah dapat mengendalikan karier sepenuhnya. Bagi kaum wanita modern, prioritas utama tidak terletak pada jabatan ataupun posisi sebagai pemimpin perusahaan, namun dapat mengendalikan pekerjaan mereka sesuai dengan yang diharapkan.

Kemampuan dalam merencanakan serta mengendalikan karier menjadi hal yang penting. Misalnya saja tentang hal yang akan anda kerjakan, waktu untuk mengerjakan hingga waktu untuk mengambil cuti untuk berlibur.

Peningkatan kaum wanita sebagai pekerja lepas juga menunjukkan jika saat ini banyak wanita yang menginginkan mengatur sendiri pekerjaan yang anda miliki. Dengan kata lain,  kesuksesan merupakan kondisi di mana wanita dapat mengatur sendiri waktu bekerja tanpa bantuan dari orang lainnya.

Seimbang Antara Karier dan Keluarga

Kaum wanita modern banyak belajar dari pengalaman orang tua sebelumnya tentang menyeimbangkan antara karier dengan kehidupan keluarga. Banyak sekali kasus sebelumnya di mana wanita lebih sering meninggalkan pekerjaan mereka untuk dapat mengurusi kehidupan keluarga. Hal ini dilakukan agar kehidupan keluarga tidak terbengkalai karena pekerjaan.

Namun pada kaum wanita modern, mereka lebih senang bila kehidupan karier dan keluarga dapat lebih seimbang dan berjalan dengan lancar keduanya. Salah satu metode yang bisa dilakukan adalah dengan cara membagi adil antara tugas-tugas rumah tangga dengan kehidupan karier. Sehingga baik kehidupan karier maupun pekerjaan tidak mengganggu satu sama lainnya.

Terus Menambah Ketrampilan

Arti kesuksesan lainnya bagi kaum wanita modern adalah dapat terus menambah keterampilan-keterampilan untuk mengembangkan diri mereka. Banyak wanita-wanita modern yang berlomba-lomba untuk menambah keterampilan yang dimilikinya. Selain itu, keterampilan tersebut juga dapat digunakan untuk menggali potensi yang tersembunyi.

Hal ini dapat dilihat dari banyaknya kursus-kursus keterampilan yang saat ini laris di pasaran seperti memasak, public speaking, menjahit, dan masih banyak lainnya yang diikuti kaum wanita modern. Dengan adanya keterampilan tersebut dapat membuat nilai wanita menjadi lebih sehingga akan bermanfaat kedepannya baik dalam karier ataupun dalam kehidupan rumah tangga.

photo
Tampak sebuah keluarga sedang menikmati liburan di pantai.

Dapat Berlibur

Arti kesuksesan bagi kaum wanita modern lainnya adalah menjadikan travelling sebagai sebuah kegiatan yang rutin di lakukan. Bagi kaum wanita modern, travelling dapat menjadi simbol sebuah kesuksesan. Dengan melakukan travelling ke berbagai tempat, mereka dapat menjelajahi dunia, menghabiskan waktu bersama keluarga, ataupun menikmati waktu sendiri selagi melepas penat akibat pekerjaan sehari hari.

Selain itu, dengan menjejalahi banyak tempat dapat membuat anda mengetahui banyak info-info dan pengetahuan tambahan yang tidak bisa anda dapatkan di dalam kantor.

Namun di luar semua itu, terkadang definisi kesuksesan yang telah dijelaskan sebelumnya dapat berubah-ubah sesuai dengan perkembangan pribadi masing-masing orang. Namun yang jelas kesuksesan apapun tersebut merupakan keinginan terbesar yang ingin anda capai.

Kesuksesan akan Datang dari Hasil Kerja Keras

Apapun arti sebuah kesuksesan tersebut, sebuah kesuksesan hanya bisa dicapai jika anda berusaha dan kerja keras untuk mendapatkannya. Tidak ada kesuksesan yang instan yang bisa dicapai tanpa melalui usaha yang maksimal.

Yang pasti sukses tersebut menjadi sebuah tujuan yang perlu anda capai. Jika berhasil mencapai tujuan tersebut maka dapat dikatakan jika anda telah mencapai kesuksesan. Lalu apakah definisi sukses menurut Anda?

Artikel ini kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement