Senin 19 Feb 2018 19:03 WIB

Cakra Khan Bawakan Soundtrack Guru Ngaji

Film menceritakan kisah guru mengaji yang berprofesi sampingan badut.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Indira Rezkisari
 Penyanyi Cakra Khan menyanyikan original soundtrack film Guru Ngaji yang berjudul Jangan Mudah Putus Asa, Senin (19/2). 
Foto: Republika/Noer Qomariah Kusumawardhani
Penyanyi Cakra Khan menyanyikan original soundtrack film Guru Ngaji yang berjudul Jangan Mudah Putus Asa, Senin (19/2). 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rumah produksi Chanex Ridhall Pictures resmi meluncurkan official trailer dan original soundtrack film 'Guru Ngaji' pada Senin (19/2). Film ini akan tayang serentak pada 22 Maret 2018 di seluruh bioskop Indonesia.

Soundtrack filmnya dinyanyikan oleh penyanyi Cakra Khan dan berjudul 'Jangan Mudah Putus Asa'. Lagu ini ciptaan Ahmad Fredy dan Ade Govinda.

Film Guru Ngaji hadir sebagai hiburan bagi masyarakat Indonesia serta sebagai salah satu bentuk perhatian Chanex Ridhall Pictures kepada seluruh guru ngaji di Indonesia atas jasanya yang telah diberikan. Guru Ngaji bercerita tentang dilema Mukri (Donny Damara) yang selama ini ikhlas mengajar ngaji tanpa mengharap balasan materi.

Untuk mencakup kebutuhan keluarga, Mukri terpaksa mengambil pekerjaan sampingan sebagai badut. Pekerjaan sampingan ini dilakukan tanpa sepengetahuan keluarganya dan segenap warga Desa Tempuran.

Sebab Mukri merasa guru ngaji adalah pekerjaan yang sakral dan terhormat. Bertolak belakang dengan profesinya sebagai badut justru memancing tertawaan orang.

Produser Guru Ngaji, Rosa Rai Djalal, mengatakan film ini berangkat dari keadaan kehidupan guru ngaji yang masih memprihatinkan. Di area daerah-daerah lainnya, kata Rosa, banyak guru ngaji yang memiliki pekerjaan sampingan untuk memenuhi kehidupannya.

Ia menyebutkan guru ngaji tidak pernah meminta imbalan berupa uang dan juga tidak pernah mematok harga saat mengajar. Terkadang mereka dibayar dengan sembako atau terkadang hanya ucapan terima kasih.

"Nah melalui film ini kami ingin menggambarkan situasi tersebur. Terinspirasi oleh kisah-kisah bagaimana mereka bekerja secara ikhlas untuk mengajar mengaji kepada masyarakat dan saya yakin seperti saya sampaikan juga mungkin teman-teman di sini yang beragama Muslim pasti mempunyai guru ngaji waktu kecil dan mungkin guru ngajinya sama kisahnya seperti Mukri," kata Rosa menjelaskan dalam acara peluncuran official trailer dan original soundtrack Guru Ngaji di Hotel Ambhara, Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Senin (19/2).

Selain itu, Chanex Ridhall Pictures bekerja sama dengan Bank BJB untuk memberikan apresiasi pada guru ngaji di Indonesia dengan memberikan 25 paket umrah dan 100 tabungan bank BJB. Paket umrah dan tabungan itu akan diberikan pada guru ngaji pilihan penonton. Dengan satu tiket, penonton bisa merekomendasikan guru ngajinya melalui Instagram Guru Ngaji.

"Ini adalah hadiah untuk para guru ngaji yang membuat kita seperti sekarang ini. 25 umrah ini adalah apresiasi kita semua untuk para guru ngaji yang sudah mengajarkan kita " ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement