Ahad 18 Feb 2018 09:07 WIB

Kunci Hidup Sehat dan Panjang

Ada banyak cara lain untuk membantu Anda tetap sehat seiring bertambahnya usia

Rep: Rossi Handayani/ Red: Esthi Maharani
Diet Mediterania
Foto: healthcaredir.com
Diet Mediterania

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kunci hidup yang panjang dan sehat sebenarnya bisa dilakukan langsung dari sekarang. Sebagian besar orang menggunakan krim wajah mahal, vitamin dan suplemen, atau diet yang sulit, namun ada banyak cara lain untuk membantu Anda tetap sehat seiring bertambahnya usia dan melawan penurunan kognitif.

Solusi ini melibatkan beberapa kebiasaan sederhana untuk diet Anda, jenis latihan yang tepat, dan pendekatan yang sehat terhadap hubungan dan dunia di sekitar Anda. Dengan bekal ini, Anda bisa hidup lama dan sejahtera. Berikut beberapa kegiatan yang bisa diikuti, dilansir dari laman Business Insider Singapore, Ahad (18/2):

Makanlah seperti Mediterania

Beberapa pertahanan terbaik melawan penurunan kognitif normal yang datang dengan usia mungkin terletak di piring. Bukti ilmiah yang berkembang menghubungkan diet Mediterania, yang berbasis di sekitar sayuran, buah, kacang, ikan, dan minyak zaitun, dengan tubuh yang kuat dan sehat serta pikiran yang tajam.

Studi menghubungkan diet dengan penurunan risiko kanker payudara dan penyakit jantung, dan juga menyarankan agar rencana makan dapat dikaitkan dengan kinerja kognitif yang lebih tinggi dan risiko demensia yang berpotensi lebih rendah.

Pertahankan pertemanan dan bangun yang baru

Kesepian bisa mematikan, beberapa penelitian menunjukkan hal itu menimbulkan ancaman lebih besar bagi kesehatan masyarakat daripada obesitas. Membina persahabatan adalah kunci untuk menua dengan baik dan meningkatkan kebahagiaan, beberapa penelitian terbaru menyarankan.

Salah satunya yang diterbitkan pada 2008 di British Medical Journal, menemukan bahwa orang-orang yang memiliki kontak teratur dengan 10 orang atau lebih secara signifikan lebih bahagia daripada mereka yang tidak melakukannya, dan orang-orang dengan teman yang lebih sedikit kurang bahagia secara keseluruhan.

Teman yang bukan keluarga Anda mungkin sangat penting. Dalam sepasang penelitian yang melibatkan hampir 280 ribu orang, psikolog di Michigan State University menemukan bahwa pada orang tua, pertemanan merupakan prediktor kuat untuk kesehatan dan kebahagiaan daripada hubungan dengan anggota keluarga.

"Memelihara beberapa teman yang benar-benar baik di sekitar bisa membuat dunia berbeda bagi kesehatan dan kesejahteraan kita," kata Chopik dalam sebuah pernyataan.

Lakukan latihan kardio tiga kali sepekan

Setiap jenis gerakan itu bermanfaat, namun jenis yang paling banyak manfaatnya bagi tubuh dan otak Anda seiring bertambahnya usia adalah latihan aerobik, atau kardio.

Studi menunjukkan bahwa berlari, berjalan, dan berenang membantu mengangkat mood, membersihkan pikiran, dan bahkan dapat membantu melindungi dari beberapa penurunan kognitif yang terjadi seiring bertambahnya usia. Cardio juga memperkuat jantung dan paru-paru dan membantu otot-otot yang kencang, tapi pastikan Anda melakukan itu setidaknya 45 menit setiap kali selama tiga hari dalam sepekan.

Cobalah puasa intermiten atau pembatasan kalori

Sejauh menambahkan tahun untuk hidup Anda salah satu diet yang paling menjanjikan melibatkan pembatasan kalori, adalah cukup dengan membatasi jumlah kalori yang Anda makan setiap hari.

Meski makan sedikit kedengarannya sulit, beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa salah satu cara praktis untuk mencapainya adalah melalui sebuah rencana yang dikenal sebagai puasa intermiten. Diet ini pada intinya melibatkan membatasi makan Anda ke jendela tertentu, seperti dari siang sampai jam delapan malam, dan berpantang dari makanan atau minuman selain dari air atau kopi hitam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement