Sabtu 17 Feb 2018 19:51 WIB

Kapan Waktu Tepat Pesan Perjalanan Kapal Pesiar?

Pemesanan di waktu tepat bisa memberikan diskon hingga 70 persen.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Indira Rezkisari
Wisata kapal pesiar
Foto: EPA
Wisata kapal pesiar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah ada waktu yang tepat untuk memesan pelayaran kapal pesiar untuk liburan nanti? Jawabannya ada.

Direktur Travel AARP, Matthew Phillips menjelaskan jawaban tersebut. Bagi Phillips, waktu yang tepat untuk memesan 'tiket' liburan pelayaran pada Januari hingga Maret.

"Saat ini berbagai penyedia pelayaran kapal pesiar memberikan promosi maupun fitur bagi pelayanan terbaik di tahun ini dengan berbagai macam diskon, fasilitas yang di-upgrade dan kredit tiket pesawat," katanya seperti dilansir dari laman Express.

Pernyataan Phillip tentu bisa dipegang. Berbagai kesepakatan yang dihadirkan penyedia pelayaran.

Misalnya kapal pesiar Royal Caribbean International saat ini mengiklankan perjalanan Symphony of the Seas. Kapal akan mulai berlayar pada April dengan rute sekitaran Eropa dan berakhir di kepulauan Karibia. Berbagai diskon termasuk paket makan dapat menghemat perjalanan bagi yang memesan grup hingga pada 5 Maret mendatang.

Selain itu, penyedia jasa pelayaran kapal pesiar lainnya, Princess Cruises merilis tawaran kapal pesiar Summer on Sale. Hingga pada 24 April mendatang, para penumpang dapat menghemat hingga 40 persen per pasangan ke Alaska, Karibia, Eropa dan Jepang.

Cruise Critic menyebut Januari hingga Maret sebagai wave season atau musim gelombang. Waktu ini merupakan waktu saat para penyedia kapan pesiar memberikan promosi pemesanan yang bagus. Seperti upgrade gratis, penawaran ekstra dan diskon perjalanan.

Namun jika para pelancong ketinggalan musim gelombang, editor Cruise Critic mengatakan bahwa pada musim gugur para penyedia perjalanan kapal pesiar kembali dengan berbagai macam penawaran. Pada waktu ini, mereka akan menawarkan calon penumpang untuk memesan tiket perjalanan tahun depan.

Karena itu, berbagai opini muncul mengenai kapan waktu sebenarnya dalam memesan tiket. Ahli pelayaran dari Jerman, Cruisewatch menuturkan bahwa jika seseorang memesan di waktu yang tepat, dia akan mendapat diskon hingga 71 persen.

Namun Cruise Critic menyebut bahwa waktu terbaik adalah di awal promosi. "Jika ada ingin berada di tempat yang bagus, kabin terfavorit dan kapal yang spesifik serta jadwal yang jelas," tulisnya.

Namun jika ingin penawaran murah dan memiliki waktu luang yang banyak, mereka menyarankan untuk memesan di akhir promosi atau bahkan mepet dengan waktu keberangkatan atau biasa disebut last minute deals.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement