Senin 05 Feb 2018 13:03 WIB

Tips Jitu Meningkatkan Ide Bisnis Kecil

Agar sukses, Anda harus memiliki ide bisnis yang baik dan layak.

Wanita berbisnis jahit
Foto: Republika/Prayogi
Wanita berbisnis jahit

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat ini menjalankan sebuah bisnis banyak dijadikan pilihan banyak orang. Baik bagi yang tidak memiliki pekerjaan maupun yang sudah memiliki pekerjaan sekalipun.

Bahkan tak hanya di kalangan pengusaha saja, ide-ide bisnis juga merambah hingga ke berbagai kalangan seperti mahasiswa, ibu rumah tangga, dan masih banyak lainnya. Tentunya untuk memulai sebuah bisnis yang dapat berjalan sukses, Anda harus memiliki ide bisnis yang memang baik dan layak.

Namun untuk mendapatkan ide-ide bisnis tentunya bukanlah hal yang mudah. Ataupun jika sudah memiliki ide yang tepat, belum tentu bila anda bisa menjalankannya dengan baik. Lalu bagaimana cara menemukan ide bisnis yang tepat dan menguntungkan dijalankan bahkan hanya dibutuhkan modal yang tidak terlalu banyak?

Berikut ini beberapa tips mengenai cara meningkatkan ide bisnis skala kecil.

photo
Wanita berbisnis kuliner

Perhatikan skil yang dimiliki

Untuk dapat meningkatkan ide bisnis yang dimiliki, cobalah untuk memperhatikan skil apa yang dipunyai saat ini. Skil dapat diperoleh ketika kuliah, ataupun dari hobi yang disenangi. Bila memiliki keinginan untuk mengetahui banyak hal dan bersemangat dalam melakukannya, maka bisa saja keberhasilan yang akan diraih akan berpeluang lebih besar.

Pada saat mempertimbangkan keterampilan, minat, dan bakat yang dimiliki, lakukan investarisasi dengan mempertimbangkan kegiatan dan pengetahuan yang memang sudah dikuasai dengan matang. Lokasi di mana anda mendapatkan keahlian tersebut dapat menjadi titik awal yang kuat untuk bisnis yang direncanakan.

Cari Mitra Yang Berpotensi

Terkadang ketika ingin memulai sebuah bisnis, Anda membutuhkan seorang mitra yang bisa diajak untuk bekerja sama. Hal ini tentunya sangat menguntungkan, Co-founder itu bisa menyediakan sesuatu yang tidak anda miliki sehingga akan saling melengkapi satu sama lainnya. Hal ini dapat dalam bentuk pengalaman, modal, ataupun skil-skil tertentu.

Namun kemitraan yang dimiliki ini, harus dijalankan dengan penuh kehati-hatian. Hal ini dikarenakan semua pihak yang bersangkutan harus membawa nilai dari bisnis yang baru. Akan sangat mungkin bila Anda ingin mencari mitra melalui media sosial atau iklan-iklan yang ada. Namun akan lebih baik bila Anda menjalankan sebuah bisnis bersama mitra yang sudah dikenal sebelumnya.

Menjalankan sebuah kemitraan, memang membutuhkan hubungan yang lebih dari sekadar dekat saja. Hal itulah yang perlu dipastikan dalam memilih mitra bisnis, apakah seseorang tersebut benar-benar telah mencukupi dari persyaratan yang dimiliki. Selain itu hal lain yang perlu diperhatikan ketika memilih sebuah mitra adalah apakah pasangan mitra Anda tersebut bisa membantu kemajuan bisnis menjadi lebih cepat.

Tepat Sasaran

Aturan sederhana di dalam sebuah bisnis adalah, anda perlu menjual sesuatu produk entah dalam bentuk barang atau jasa yang tak hanya kuat namun juga tepat sasaran. Bila tidak memiliki target yang tepat, akan lebih baik bila Anda mempertimbangkan untuk mengubah target penjualan bisnis.

Hal ini terjadi karena anda tidak mengetahui tingkat kepahaman dari konsumen di pasaran. Sehingga lebih baik jika anda menyesuaikan produk dengan sasaran konsumen agar dapat memenuhi tujuan bisnis.

photo
Wanita berbisnis UKM

Jadilah berbeda

Agar usaha yang dimiliki tetap berjalan dengan baik, tak hanya dibutuhkan perancangan yang tepat saja. Anda juga harus menunjukkan bagaimana sisi lain dari bisnis yang dimiliki. Sudah menjadi hal yang umum, bila di dalam sebuah bisnis tentu terdapat sebuah persaingan. Mau tidak mau Anda harus menghadapi persaingan yang ada nantinya.

Untuk itu lah diperlukan sesuatu yang berbeda di dalam diri agar Anda lebih unggul dibandingkan pesaing lainnya. Tak perlu menjadi sesuatu yang benar-benar berbeda, Anda hanya perlu menjadi sesuatu yang simpel dan unik.

Berusaha Menjadi yang Unggul dan Terbaik

Apapun bidang bisnis yang dijalani, baik dalam skala yang kecil maupun besar. Lakukanlah yang terbaik untuk mencapai kesuksesan yang diharapkan. Milikilah karakteristik yang berbeda dan berkualitas dibandingkan lainnya agar Anda menjadi yang paling unggul.

Artikel ini hasil kerja sama Republika.co.id dan Cermati.com

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement