Senin 05 Feb 2018 09:24 WIB

Di Skotlandia dan Irlandia, Gelar Charles dan Williams Beda

Sistem kebangsawanan yang berbeda membuat titelnya pun beda.

Rep: Christiyaningsih/ Red: Indira Rezkisari
Pangeran Charles (kiri), Pangeran William (tengah), dan Pangeran Harry (kanan).
Foto: EPA
Pangeran Charles (kiri), Pangeran William (tengah), dan Pangeran Harry (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Anggota keluarga Kerajaan Inggris punya titel kebangsawanan yang sudah populer di masyarakat.Di Inggris, Pangeran Charles bahkan punya gelar lengkap yang panjangnya mencapai tiga baris. Namun rupanya titel tersebut tidak berlaku bila mereka berada di Skotlandia dan Irlandia.

Di negara tersebut, Pangeran Charles, Pangeran William, dan Kate Middleton punya gelar kebangsawanan tersendiri. Skotlandia menganut sistem kebangsawanan yang berbeda dengan Inggris dan merupakan negara terpisah hingga tahun 1707.

Di Skotlandia, Pangeran William bergelar Earl of Strathearn sejak menikah pada tahun 2011. Secara otomatis, Skotlandia juga mneyematkan titel untuk Kate yakni Countess of Strathearn. Mantan perdana menteri Skotlandia Alex Salmond pernah menyebut gelar tersebut dalam sebuah kicauan di Twitter saat memberikan ucapan selamat untuk kehamilan Kate.

"Selamat dan doa terbaik untuk Earl dan Countess of Strathearn. Sangat bahagia mendengar kabar kehamilan anak keduanya. Berita yang menggembirakan," demikian ditulis Salmond.

Sedangkan untuk Pangeran Charles, Skotlandia memberikan gelar Duke of Rothesay. Istrinya, Camilla, dianugerahi gelar Duchess of Rothesay. Titel tersebut merupakan warisan nenek moyang sebelum kerajaan Skotlandia dan Inggris memutuskan untuk bersatu di awal 1600-an.

Lain lagi gelar yang berlaku di Irlandia Utara. Di sini, Pangeran William bergelar Baron Carrickfergus sedangkan Kate memperoleh gelar Lady Carrickfergus. Titel berbeda juga disematkan oleh pemerintah Inggris di barat daya. Charles punya titel Duke of Cornwall tiap kali berkunjung ke Inggris barat daya.

Hingga saat ini tinggal Pangeran Harry yang belum punya gelar berbeda berdasarkan letak geografis. Namun pengamat kerajaan berpendapat setelah resmi menikah dengan Meghan Markle, ia pun akan menyusul ayah dan saudaranya punya titel berbeda. Diprediksi gelar yang akan disematkan untuk pasangan ini adalah Duke dan Duchess of Sussex, dilansir dari laman Independent.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement