Rabu 31 Jan 2018 10:40 WIB

Mengapa Meja Pesawat Harus Dilipat Saat Lepas Landas?

Lepas landas merupakan salah satu fase paling kritis dalam penerbangan.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari
Pesawat bersiap lepas landas membawa penumpang yang hendak bepergian.
Foto: Pixabay
Pesawat bersiap lepas landas membawa penumpang yang hendak bepergian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Segala hal yang terjadi di dalam pesawat sudah diperhitungkan baik dari sisi keamanan maupun kesalamatan. Salah satunya melipat meja di hadapan penumpang.

Melipat meja adalah salah satu instruksi yang selalu diingatkan pramugari sebelum lepas landas (take off)dan mendarat (landing). Namun, apakah alasan sesungguhnya di balik instruksi ini?

Menurut manager komunikasi Jet Blue Morgan Johnston, melipat meja sebelum lepas landas dan mendarat adalah bagian dari regulasi yang diterapkan oleh Federal Aviation Administration (FAA), sebuah pengawas keselamatan penerbangan di Amerika. "Pada dasarnya, alasan di balik melipat meja ini agar kru pesawat bisa lebih mudah dalam hal evakuasi penumpang jika terjadi sesuatu yang darurat," ujar mantan kru pesawat Kelly Kincaid dikutip Travel and Leisure.

Kincaid menjelaskan lepas landas dan mendarat adalah fase paling kritis dalam sebuah penerbangan. Hasil pengamatan yang dilakukan oleh Boeing pada 2014 menunjukkan lebih dari 60 persen kejadian fatal terjadi selama lepas landas dan mendarat.

Selain melipat meja, banyak instruksi lainnya yang juga memperhatikan sisi keamanan dan keselamatan penumpang. Misalnya membuka penutup jendela hingga mematikan ponsel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement