Senin 29 Jan 2018 19:44 WIB

Jumat Terbukti Jadi Hari Paling Bahagia dalam Sepekan

Jumat merupakan jembatan menuju hari libur.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Ani Nursalikah
Bahagia (ilustrasi)
Foto: Feed
Bahagia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, HESLINGTON -- Istilah "Thank God It's Friday" yang sering disingkat TGIF tidak hanya sekadar akronim. Jumat memang dianggap sebagai hari paling membahagiakan dalam sepekan yang membuat orang-orang bersyukur.

Anggapan itu terungkap dalam studi yang digagas gabungan psikolog dari Lincoln, York, dan Hertfordshire di Inggris. Mereka mencoba mencari tahu mengapa Senin kerap membuat seseorang murung dan Jumat amat membahagiakan.

Para partisipan yang terlibat dalam riset rata-rata mengasosiasikan Senin dengan kata membosankan, padat, dan melelahkan. Sebaliknya, Jumat yang mendekati akhir pekan dimaknai sebagai pesta, kebebasan, dan melegakan.

Semua itu diyakini karena Senin menjadi awal pekan penuh rutinitas sementara Jumat merupakan jembatan menuju hari libur. Itu sebabnya Jumat banyak disebut sebagai hari terbaik dan paling membahagiakan dalam sepekan padat aktivitas.

Riset juga menjumpai hal mengejutkan terkait hari di antara Senin dan Jumat yaitu Selasa, Rabu, dan Kamis. Sebanyak 40 persen partisipan mengaku kebingungan karena tak bisa mengingat dan melakukan perbandingan asosiasi ketiga hari itu.

Salah satu peneliti, Rob Jenkins dari Universitas York mengatakan argumen mengapa hari-hari itu tak banyak membangkitkan asosiasi. Bisa jadi, karena nama-nama hari itu kurang banyak dipakai dalam bahasa pop.

"Misalnya, kita memiliki banyak lagu pop yang menggunakan Senin atau Jumat pada liriknya, sementara hari-hari di pertengahan pekan jarang digunakan," kata Jenkins, dikutip dari laman Red Online.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement