Sabtu 27 Jan 2018 18:41 WIB

Color Consultant Expert Asal Korsel Bagi Kiat Pilih Make Up

Pada dasarnya kulit wajah dibagi menjadi dua yakni cool dan warm.

Rep: Christiyaningsih/ Red: Esthi Maharani
Make up
Foto: republika/prayogi
Make up

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Perempuan dan make up adalah dua hal yang berdampingan. Wanita senang bermain-main warna dengan eyeshadow, lipstik, blush on, dan perlengkapan make up lainnya. Tetapi, tahukah Anda bahwa dalam memoleskan make up kita tidak boleh sembarangan memilih warna?

Color Consultant Expert asal Korea Selatan Su Jin Bae, membeberkan kiat memilih warna make up. Pada dasarnya kulit wajah dibagi menjadi dua yakni cool dan warm. "Cool adalah kulit wajah yang berwarna cerah sedangkan warm adalah kulit yang berwarna lebih gelap," jelasnya.

Su Jin Bae memperkenalkan konsep personal color dengan mengklasifikasikan warna kulit wajah menjadi tujuh tipe. Personal color itu terdiri atas warm light, warm bright, warm mute, warm dark, cool light, cool mute, dan cool dark. Pemilik kulit warm disarankan memakai make up dengan warna-warna gelap dan mencolok. Sementara pemilik kulit wajah dengan tipe cool dianjurkan mengaplikasikan make up dengan warna-warna pastel.

Tipe kulit warm tidak disarankan menggunakan warna pastel karena wajah akan nampak pucat. Sebaliknya jika kulit wajah cool diberikan riasan warna mencolok maka wajah akan terlihat gelap. Bila kita kesulitan menentukan apa tipe kulit wajah, ada kiat yang mudah untuk diikuti. Caranya dengan memoleskan lipstik warna oranye dan warna pink di bibir.

"Lihat di cermin warna apa yang lebih cocok kita pakai. Jika cocok memakai lipstik pink artinya masuk tipe cool sedangkan jika lebih cocok warna oranye berarti masuk tipe warm," imbuhnya. Selain lipstik, riasan lain yang juga bisa digunakan untuk menentukan tipe wajah adalah blush on.

Lalu bagaimana jika pemilik kulit warm ingin menggunakan warna pastel atau sebaliknya?

Eunji Kim, make up artis asal Negeri Ginseng ikut memberikan rekomendasi. Menurutnya hal itu sah-sah saja asalkan hanya digunakan pada satu jenis riasan. Misalnya, pada lipstik atau eyeshadow saja agar make up tetap terlihat menarik.

"Selebihnya sebaiknya ikuti rekomendasi riasan untuk masing-masing warna kulit," terangnya.

(Baca: Pakai Lipstik untuk Gantikan Blush On, Bolehkah?)

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement