Senin 22 Jan 2018 07:18 WIB

7 Cara Mudah Menghemat Pengeluaran Bulanan

Buat rekening tabungan khusus yang dipisahkan dari rekening biaya kebutuhan harian.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Winda Destiana Putri
Belanja
Foto: savvysugar.com
Belanja

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak mudah mengatur pengeluaran bulanan agar terhindar dari kondisi "besar pasak daripada tiang". Jika Anda termasuk yang membutuhkan sedikit bantuan untuk berhemat, simak kiat yang dibagikan Belfast Live berikut.

- Rekening khusus

Buat rekening tabungan khusus yang dipisahkan dari rekening biaya kebutuhan harian. Setelah membuka rekening dan menetapkan target tabungan, hal terpenting adalah berkomitmen untuk tidak menarik uang dari rekening khusus tersebut.

- Aplikasi berhemat

Gunakan ponsel pintar untuk hal yang benar-benar pintar selain swafoto dan berkomunikasi. Unduh aplikasi penghematan uang yang fiturnya sesuai dengan kebutuhan, misalnya Monzo, Squirrell, Chip, atau Oval Money.

- Persiapan tiap pekan

Menyusun rencana anggaran dengan membaginya dalam tiap pekan bisa membantu penghematan. Misalnya, menetapkan besaran biaya untuk menu makan yang telah disusun selama sepekan yang lebih hemat daripada makan di luar yang memboroskan uang.

- Belanja cerdas

Setiap kali pergi ke pasar atau supermarket, buatlah daftar belanja untuk pedoman. Cara belanja yang sederhana namun cerdas ini menghindarkan Anda dari membeli barang-barang yang tidak diperlukan dan mencegah membengkaknya anggaran.

- Penawaran terbaik

Berburu diskon biasanya menjadi keahlian para perempuan. Mencari penawaran harga terbaik memang merupakan cara tepat berhemat karena selisih harga yang sedikit pun bisa terakumulasi menjadi perbedaan yang cukup signifikan untuk ditabung.

- Tahan diri

Menahan diri untuk tidak boros adalah hal yang susah-susah gampang. Buang jauh-jauh pikiran bahwa berbelanja adalah obat stres terbaik dan carilah alternatif menghabiskan waktu yang lebih produktif serta menyenangkan.

- Jual barang

Luangkan waktu untuk memilah barang-barang yang sudah tidak dibutuhkan lagi di rumah. Anda bisa mendonasikannya atau bahkan menjual kembali barang-barang itu di aplikasi pasar daring yang melayani jual beli barang bekas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement