Sabtu 20 Jan 2018 10:00 WIB

Wadi Al-Bardani, Lembah Terindah di Saudi

Lembah yang penuh rerumputan hijau, sungai yang mengalir, dan berudara sejuk.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Yudha Manggala P Putra
Lembah Wadi Albardani
Foto: Arabnews
Lembah Wadi Albardani

REPUBLIKA.CO.ID,  WADI ALBARDANI -- Arab Saudi sangat lekat dengan citra padang pasir yang panas dan kering. Jika di sana ternyata ada sebuah lembah yang penuh rerumputan hijau, sungai yang mengalir dan suasana yang sejuk, seperti menjadi hal langka.

Tapi itulah yang ada di Wadi Al-Bardani, sebuah lembah berlokasi di Bareq, bagian utara Mahayil Asir. Pemandangan seperti di negeri tropis yang hijau itu menjadi tempat terindah yang ada di negeri padang pasir Saudi Arabia.

Dilansir Arab News, sungai di sana mengalir sepanjang tahun dari desa Al-Mashbah dan area lain di Asir menuju Wadi Baqrah. Wadi Al-Bardani terletak diantara dua kota, Bin Otyafa dan Al-Asrat.

Pemandangan hijau di sana tampak sempurna dengan struktur area yang berbukit-bukit. Sebagian besar wilayah dimanfaatkan untuk lahan pertanian juga peternakan domba. Tempat itu layaknya negeri yang lain.

Seiring berjalannya waktu, Wadi Al-Bardani mulai banyak dikenal. Baik oleh pelancong domestik maupun internasional. Salah seorang traveler Mohammed Al-Shawi mengatakan lembah itu sangat unik dan menarik.

Seperti jarang menemukan pemandangan demikian di Saudi yang identik dengan gambaran gersang dan kering. "Tempat ini sangat menarik bagi yang menyukai pemandangan," kata Al-Shawi.

Menurutnya, Wadi Al-Bardani adalah lembah terindah di Saudi. Hijaunya lingkungan membuat tempat ini jadi habitat yang cocok untuk banyak jenis binatang. Serangga senang hidup di sana karena melimpahnya air dan rumput.

Fotografer Abdullah bin Shalwan berkesempatan menduniakan lembah ini dari hasil jepretan kameranya. Puluhan foto diunggah ke media sosialnya dan menerima banyak ungkapan mengejutkan. Banyak yang tidak percaya pemandangan hijau itu ada di Saudi.

Amer al-Zein adalah fotografer ternama yang juga pernah mengambil foto Wadi Al-Bardani. Wadi Al-Bardani merupakan bahasa Arab yang berarti tempat yang teduh.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement