Jumat 19 Jan 2018 11:00 WIB

Penyakit Gusi Bisa Berujung Kanker Pankreas

Bakteri yang bertanggung jawab untuk periodontitis, yang dapat terbunuh melalui menyikat gigi, berperan dalam kanker pankreas.

Rep: Idealisa Masyafarina/ Red: Yudha Manggala P Putra
Memeriksakan gigi ke dokter gigi penting dilakukan dari sebelum hamil.
Foto: Antara
Memeriksakan gigi ke dokter gigi penting dilakukan dari sebelum hamil.

REPUBLIKA.CO.ID,  FINLANDIA -- Penyakit gusi yang parah dapat menyebabkan salah satu jenis kanker yang berisiko mematikan. Bakteri yang bertanggung jawab untuk periodontitis, yang dapat terbunuh melalui menyikat gigi, berperan dalam kanker pankreas.

Ilmuwan mengklaim itu adalah bukti pertama bahwa bakteri tersebut dapat menyebar dari mulut ke bagian tubuh yang lain dan menyebabkan tumor. Ini menawarkan harapan cara skrining kanker pankreas yang murah, yang dikenal kejam dan memiliki tingkat kelangsungan hidup rendah.

Temuan oleh para peneliti Finlandia, menambah daftar kanker yang terus berkembang yang sekarang terkait dengan penyakit gusi. Berbagai penelitian dalam beberapa tahun terakhir telah berulang kali menunjuk pada hubungan yang kuat antara kondisi yang dapat dihindari dan kanker payudara.

Beberapa uji ilmiah lainnya telah menunjukkan bahwa hal itu dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru, kandung empedu dan tenggorokan, serta melanoma.

Apa studi pertama?

Peneliti Universitas Helsinki menggunakan data dari 70 ribu orang dewasa untuk membuat temuan mereka - dianggap sebagai yang pertama dari jenis mereka.

Mereka menemukan kaitan yang jelas antara periodontitis dan kematian akibat kanker, dengan asosiasi terbesar tercatat untuk bentuk pankreas. Studi yang dipimpin oleh Profesor Timo Sorsa, dipublikasikan di International Journal of Cancer. Periodontitis adalah tahap akhir dari penyakit gusi, yang dapat dicegah sejak dini dengan menyingkirkan plak. Hal ini bisa menyebabkan gigi rontok.

Profesor Sorsa mengatakan: "Penelitian ini telah menunjukkan untuk pertama kalinya bahwa faktor virulensi bakteri patogen sentral yang mendasari penyakit gusi dapat menyebar dari mulut ke bagian tubuh lainnya." kata Sorsa dilansir di Dailymail, Kamis (17/1).

Dia mengatakan ini 'kemungkinan besar berhubungan dengan bakteri, dan ambil bagian dalam mekanisme sentral penghancuran jaringan yang berkaitan dengan kanker'.

Apa studi kedua?

Sementara studi lain menemukan bakteri penyebab periodontitis, yang disebut Treponema denticola, mungkin berpengaruh pada timbulnya kanker.

Para periset mencatat bagaimana enzim dari serangga yang memungkinkannya berkembang biak juga ada pada tumor ganas saluran cerna. Enzim ini memiliki kemampuan untuk membantu sel kanker menyerang jaringan sehat dan menyebar ke seluruh tubuh - di mana ia menjadi lebih mematikan.

Ini juga mengurangi keefektifan sistem kekebalan tubuh, yang dapat membantu menemukan dan membunuh sel kanker di tubuh. Temuan tersebut dipublikasikan di British Journal of Cancer.

Fakta kanker pankreas:

Sekitar 10 ribu orang didiagnosis menderita kanker pankreas setiap tahun di Inggris, namun angka tersebut lima kali lebih tinggi di AS. Dokter menyebut penyakit itu 'serigala dalam pakaian domba' karena gejalanya - sakit punggung, sakit kuning dan penurunan berat badan - sering keliru untuk gangguan pencernaan, refluks asam atau ketegangan punggung.

Gejalanya sering samar pada tahap awal, membuat banyak orang hanya mencari saran medis saat mereka mengalami sakit punggung atau secara tak terduga menurunkan berat badan. Jika kanker terdeteksi cukup dini untuk operasi, sampai seperempat orang akan hidup selama lima tahun.

Pasien memiliki kemungkinan 9 persen untuk bertahan selama itu. Tapi jika telah menyebar ke jaringan terdekat, banyak yang tidak berhasil melewati tanda enam bulan. Kelangsungan hidup bisa serendah dua bulan dalam tahap paling maju.

Leanne Reynolds, kepala penelitian di Pankreas Cancer Inggris, mengatakan: "Kurang dari tujuh persen orang yang didiagnosis menderita kanker pankreas akan hidup lebih dari lima tahun, dan kita masih belum cukup mengetahui penyebab penyakit ini. Oleh karena itu penelitian yang meneliti ini sangat penting,"

'Namun, sementara studi besar yang dipublikasikan di International Journal of Cancer mengidentifikasi hubungan potensial dengan periodontitis, kita tidak dapat mengatakan dengan pasti bahwa ini adalah penyebab kanker pankreas, karena kita tidak tahu apakah partisipan adalah perokok.

"Diperkirakan hampir satu dari tiga kasus kanker pankreas disebabkan oleh merokok, jadi tanpa mengetahui apakah pasien dalam penelitian ini adalah perokok atau tidak, kita tidak dapat memastikan penyebab kanker pankreas mereka." katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement