Senin 08 Jan 2018 16:04 WIB

Bahan Alami untuk Kulit Sehat Bersinar

Rep: Dea A Soraya/ Red: Indira Rezkisari
Buah tomat
Foto: pixabay
Buah tomat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat menjalani liburan panjang awal tahun, tak sedikit orang memanfaatkannya dengan mengonsumsi banyak makanan tidak sehat atau terjaga sepanjang malam yang sulit dilakukan dalam rutinitas pekerjaan yang padat. Perilaku ini tentu berdampak pada kesehatan, khususnya kulit. Berikut adalah cara mudah untuk mendapatkan kulit bersinar kembali.

Selain menggunakan serangkaian produk kecantikan seperti pelembab, pembersih dan serum dalam perawatan kulit sehari-hari, mendetoksifikasi kulit juga perlu dilakukan untuk menyingkirkan kotoran dalam lapisan pori-pori. Ahli gizi klinis Fortis Healthcare Dr Lovneet Batra juga menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan untuk mendapatkan kulit yang sehat.

Labu adalah salah satu makanan yang dapat membantu merevitalisasi kulit, mengatur produksi minyak, memperbaiki warna kulit dan mengecilkan pori-pori, mengingat kandungan antioksidan dan seng yang tinggi dalam labu. Selain itu, tomat juga dipilih sebagai makanan yang dapat membuat wajah awet muda, karena kandungan antioksidan dan lycopene yang baik untuk menyamarkan garis-garis penuaan dini. Tomat, kata Batra juga mampu menetralisir racun yang terkandung dalam minuman beralkohol dan minuman berkadar gula tinggi.

Ahli gizi bariatric Rumah Sakit Jaypee, Noida juga menyarankan untuk mengonsumsi telur karena dapat melindungi kulit dari bahaya radikal bebas. Telur juga mampu membantu menghidrasi kulit sehingga akan terasa lebih lembut dan kencang.

"Anda juga bisa minum teh hijau di pagi hari dengan cuka madu atau cuka sari apel, yang kaya akan antioksidan," kata Chopra melalui laman Indian Express, Senin (8/1).

Menurut dia, kunyit yang mengandung antioksidan curcumin juga telah terbukti menjadi salah satu agen anti-penuaan paling efektif, dan berfungsi mengurangi beban radikal bebas, sehingga kulit dapat terlihat lebih muda. Untuk merasakan keajaiban dari rempah ini, bisa menumbuk kunyit dan memeras sarinya, lalu balurkan ke seluruh wajah.

"Atau konsumsi kunyit mentah, ditemani segelas kecil air hangat dan madu," lanjut Chopra.

Untuk mendapatkan kulit bercahaya, Chopra menganjurkan mengoleskan masker dari percampuran stroberi, kiwi dan pisang. Adapun waktu terbaik untuk mengaplikasikannya adalah sebelum tidur. Diamkan masker selama 20 menit lalu bilas dengan air.

"Masker ini berfungsi untuk menyamarkan lingkaran hitam dan noda bekas jerawat," kata dia.

Selain bagus sebagai bahan dasar masker, beri dan kiwi juga sangat bagus dikonsumsi baik dalam bentuk jus karena dapat memudahkan anda mendapatkan kulit yang bersinar. Selain itu kandungan vitamin C dan E dalam beri dan kiwi juga dapat mencegah kerusakan sel pada kulit.

Batra juga beranggapan bahwa kentang dapat menjadi bahan yang cocok sebagai pemutih dan penghalus kulit. Selain itu kentang juga mampu mengecilkan bengkak pada mata serta menyamarkan lingkaran hitam. Olahan sayur dan buah yang mengandung serat dan air yang tinggi, seperti bayam, kangkung, dan timun, lanjut dia juga bagus untuk kesehatan dan kelembaban kulit.

"Air kelapa yang berfungsi menghidrasi juga dapat membantu membersihkan jerawat karena banyaknya mengonsumsi gula atau gorengan olahan selama musim liburan," kata Batra.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement