Selasa 26 Dec 2017 10:28 WIB

Desainer Anna Mariana Fokus Kembangkan Songket Betawi

Desainer Anna Mariana (tengah) saat bertemu Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno
Foto: ist
Desainer Anna Mariana (tengah) saat bertemu Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Desainer Anna Mariana punya perhatian khusus dengan tenun dan songket khas Betawi.

Ia pun berharap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno punya perhatian yang lebih dengan keberadaan kain-kain khas ini.

Hal tersebut disampaikan Anna Mariana usai memberikan langsung Cukin dan Selendang kepada Anies Baswedan dan Istri serta Sandiaga Uno dan istri di acara Festival Silat Tadisi Betawi di Setu Babakan, beberapa waktu lalu.

"Saya berharap pemimpin tertinggi Jakarta ini mau dan terus mensupport, memperkenalkan dan mempromosikan keberadaan tenun dan songket Betawi," kata Anna Mariana.

Ia sendiri bersama Badan Musyawarah Betawi (Bamus) berencana memberikan pelatihan bagi pengrajin tenun dan songket di Setu Babakan.

"Agar bisa terus lahir para pengerajin handal yang akan mengembangkan ini menjadi bagian  dari budaya tradisonal Betawi atau Jakarta,” tutur Anna Mariana.

Anies Baswedan usai menerima pemberian kain tersebut mengapresiasi semangat Anna Mariana dalam mempopulerkan tenun dan songket Betawi. Ia mengaku akan terus mendorong seni kreatif yang berhubungan dengan budaya betawi.

"Kita akan mempromosikan secara terus menerus kerja kreatif semacam ini.  Ini salah satu  bentuk pengembangan budaya Betawi  yang akan selalu kita dorong," ujar Anies.

Ia mengatakan pengembangan seni dan budaya Betawi adalah salah satu janji kampanye yang akan diwujudkan.

"Salah satu janji kita adalah tentang pengembangan budaya Betawi, jadi memang sejalan dan kita akan laksanakan bersama-sama," ucap Anies.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement