Senin 25 Dec 2017 04:34 WIB

Manfaat Lain dari Minuman Bersoda

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Indira Rezkisari
Minuman soda diet
Foto: flickr
Minuman soda diet

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Meski telah banyak penelitian yang menyebutkan tentang efek buruk mengonsumsi minuman bersoda secara berlebihan, namun minuman jenis ini ternyata memiliki kegunaan lain dalam kehidupan sehari-hari. Manfaatnya pun begitu beragam, mulai dari untuk membersihkan bekas hangus di wajan, hingga untuk menyuburkan tanaman.

Seperti dilansir dari Times of India, inilah kegunaan lain dari minuman bersoda yang mungkin bisa membuat Anda sedikit terkejut.

Membersihkan noda hangus dan gosong di wajan

Noda hangus atau gosong di penggorengan memang cukup sulit dibersihkan. Bahkan, sabun pencuci piring biasa terkadang tidak bisa melunturkan kotoran dan noda hangus tersebut. Namun, cara ini mungkin bisa Anda coba. Tuangkan minuman bersoda dingin di atas wajan atau panci tersebut, diamkan selama beberapa menit. Sifat asam dari minuman bersoda itu akan membersihkan noda-noda hangus tersebut, bahkan yang sudah berkerak sekalipun.

Bahkan untuk membuat saus barbeque

Jika Anda kehabisan saus barbeque saat mengadakan pesta barbeque, maka cara ini bisa ditempuh untuk bisa menyajikan saus barbeque dadakan. Campur sekaleng minuman bersoda dengan sedikit saus tomat, aduk perlahan dan biarkan bahan-bahan tersebut tercampur dengan rata. Anda pun memiliki saus barbeque, yang siap digunakan.

Membersihkan noda pena dan spidol

Anak-anak terkadang suka mencoretkan pena ataupun spidol di tembok rumah Anda. Jangan khawatir, siramkan minuman bersoda di bekas noda pena atau spidol tersebut. Kemudian, gosok noda tersebut dengan sabun dan air untuk membersihkan bekas minuman bersoda dan noda tersebut.

Untuk perawatan rambut

Kandungan asam fosfat di dalam minuman bersoda dapat menghilangkan kutikula di rambut. Kandungan ini dapat membuat rambut terlihat lebih bervolume dan menghilangkan warna kusam di rambut.

Sebagai penyubur tanah

Menuangkan minuman bersoda bisa mengurangi kadar asam di dalam tanah. Kondisi ini cukup ideal untuk mendukung pertumbuhan tanaman. Sejumlah ahli juga menyarankan, menambahkan minuman bersoda ke dalam pupuk kompos akan meningkatkan pertumbuhan mikroorganisme, sehingga meningkatkan kualitas pupuk.

Membuat kesan kuno di foto baru

Kandungan zat asam di minuman bersoda dapat membuat foto baru Anda memiliki kesan kuno atau vintage. Anda perlu merendam foto baru Anda di dalam minuman bersoda dan biarkan mengering. Foto baru Anda akan terlihat seperti foto dari era 60 hingga 70an.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement