Sabtu 23 Dec 2017 00:40 WIB

Berbagai Kesalahan dalam Membersihkan Rambut

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Yudha Manggala P Putra
Bila sampo berfungsi membersihkan, maka kondisioner berguna menjaga kesehatan rambut.
Foto: pixabay
Bila sampo berfungsi membersihkan, maka kondisioner berguna menjaga kesehatan rambut.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mencuci rambut menjadi salah satu aktivitas yang kerap dilakukan pada saat mandi. Berbagai jenis produk perawatan rambut pun beredar di pasaran, mulai dari kondisioner hingga shampo. Namun, apapun produknya, ternyata ada beberapa kebiasaan dalam mencuci rambut yang kurang tepat. Akibatnya, rambut tidak mendapatkan perawatan secara maksimal.

Seperti dilansir dari The Independent, Jumat (22/12), ada sejumlah kesalahan dalam mencuci rambut. Menurut penata rambut dari Inggris, Paul Windle, kebanyakan orang cenderung menggunakan shampo dalam jumlah yang banyak, dan biasanya dalam sekali pakai. Padahal, cara yang lebih efektif justru dengan menggunakannya sedikit saja.

''Orang cenderung untuk menggunakan shampo terlalu banyak dan hanya sekali keramas. Sebaiknya, sedikit saja gunakan shampo dan dilakukan dalam dua kali keramas,'' tutur Paul.

Selain itu, dalam membilas rambut, Paul menyarankan, pembilasan sebaiknya dilakukan secara teliti dan seksama. ''Karena yang dibersihkan adalah kotoran yang menempel di rambut, bukan shampo. Jadi tidak ada istilah terlalu berlebihan dalam membilas rambut,'' kata Paul yang dianggap sebagai salah satu penata rambut terbaik di London tersebut.

Sementara untuk cara membersihkan rambut saat keramas, penata rambut, Oscar Blandi, mengungkapkan, sebaiknya jangan menggunakan kuku atau terlalu keras pada saat membersihkan rambut atau memijat kulit kepala. ''Karena sebenarnya rambut Anda tidak sekotor yang Anda kira,'' tutur Oscar.

Tidak hanya itu, menurut Oscar, masih banyak kesalahan yang dilakukan orang terkait cara mengeringkan rambut. Biasanya, setelah mencuci rambut, orang akan menggunakan handuk agar rambut cepat kering. Namun, ternyata hal ini kurang tepat.

''Ketimbang mengosok-gosokan rambut Anda dengan handuk hingga kering. Sebagai gantinya, akan lebih baik buat rambut Anda, jika Anda memijat-mijat rambut Anda secara perlahan dan biarkan kering secara alami,'' ujar Oscar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement