Rabu 13 Dec 2017 00:10 WIB

Fakta-Fakta Unik Seputar Kutub Utara

Rep: Christiyaningsih/ Red: Yudha Manggala P Putra
Matahari tenggelam di Lingkar Kutub Utara pada tengah malam
Foto: theatlantic.com
Matahari tenggelam di Lingkar Kutub Utara pada tengah malam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kutub Utara yang selalu diselimuti salju adalah salah satu bagian bumi yang paling dingin. Wilayah ini telah menarik perhatian para ilmuwan dan para penjelajah dunia untuk mengeksplorasi lebih jauh. Dikutip dari laman Travel and Leisure, berikut beberapa fakta menarik mengenai Kutub Utara.

1. Lokasi

Jika kita melihat di bola dunia atau peta, Kutub Utara berada di bumi bagian atas. Kutub Utara juga kadang disebut Kutub Utara Terestrial. Secara geografis wilayah ini merupakan titik paling utara di muka bumi.

2. Milik siapa?

Kutub Utara adalah daratan es luas yang mengapung di tengah Laut Artik. Jadi, Kutub Utara termasuk dalam kekuasaan negara mana? Kenyataannya hamparan es ini tidak di bawah kekuasaan negara mana pun. Akan tetapi lautan yang mengelilingi Kutub Utara menjadi perdebatan antara Amerika Serikat, Kanada, Rusia, Norwegia, dan Denmark. Saat ini Denmark menguasai Greenland yang berbatasan dengan Laut Artik.

3. Suhu super dingin

Sebagaimana diketahui, suhu di Kutub Utara sangatlah dingin. Temperatur pada musim panas di tempat ini mencapai 32 derajat Fahrenheit atau setara dengan titik beku air. Ketika masuk musim dingin di akhir tahun, suhu akan merosot drastis menjadi rata-rata minus 40 derajat Fahrenheit.

4. Cahaya matahari

National Geographic melaporkan cahaya matahari tidak selalu ada setiap hari di Kutub Utara. Pada musim panas, matahari selalu ada di atas horizon Kutub Utara. Artinya, selama 24 jam wilayah ini bermandikan sinar matahari.

Sebaliknya jika musim dingin matahari selalu terletak di bawah horizon. Selama 24 jam keadaan akan gelap karena tak ada cahaya matahari setitik pun. Dalam setahun Kutub Utara hanya mengalami satu kali matahari terbit dan terbenam. Yakni pada Maret dan September bertepatan dengan ekuinoks.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement