Selasa 12 Dec 2017 11:16 WIB

U2 Depak Taylor Swift dari Puncak Tangga Lagu Billboard

Rep: Christiyaningsih/ Red: Indira Rezkisari
Bono, vokalis U2
Foto: AP
Bono, vokalis U2

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Setelah album Reputation merajai peringkat Billboard selama beberapa pekan, akhirnya album milik Taylor Swift tersebut turun tahta. U2 mendepak 'Reputation' setelah albumnya yang bertajuk 'Songs of Experience' laku keras di pekan pertama penjualan.

Channel News Asia yang mengutip Reuters melaporkan album 'Reputation' kini harus puas duduk di peringkat ketiga. Album teranyar band asal Irlandia ini menjadi album kedelapan yang berhasil memuncaki tangga lagu Amerika Serikat.

Berdasarkan data Nielsen Music yang dirilis Senin (11/12), 'Songs of Experience' terjual sebanyak 185 ribu unit di pekan pertamanya. Billboard menyebut pencapaian itu sebagai penjualan terbesar untuk album rock sepanjang 2017. Prestasi ini terbilang mengesankan di tengah masyarakat yang kini sedang gandrung musik hip hop dan R&B.

Di tempat kedua setelah U2 ada album country kepunyaan Chris Stapleton bertajuk 'From a Room: Volume 2'. Album ini sudah terjual sebanyak 124 ribu unit.

Pemeringkatan Billboard dihitung dari jumlah penjualan album, penjualan lagu, dan aktivitas streaming. Dalam penjualan lagu, setiap 10 lagu dihitung sebagai satu album. Sedangkan untuk streaming, satu album setara dengan 1.500 streaming.

Dalam tangga lagu digital, yang mengukur penjualan single secara daring (online), lagu 'Perfect' milik Ed Sheeran kokoh di peringkat pertama. Penjualannya naik 200 persen mencapai 180 ribu unduhan selama satu pekan terakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement