Kamis 30 Nov 2017 16:11 WIB

Teman Bumil, Aplikasi Ibu Hamil Indonesia

Rep: MGROL 99/ Red: Indira Rezkisari
Ilustrasi Ibu hamil
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi Ibu hamil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat hamil, ada hal baru yang akan dirasakan bumil atau ibu hamil tiap harinya. Baik yang menyangkut perkembangan janin atau perubahan tubuh sendiri. Kehamilan memang menjadi masa yang membahagiakan sekaligus menegangkan. Karena umumnya bumil cemas dan selalu ingin melakukan yang terbaik agar buah hatinya tumbuh sehat dan optimal.

Menjawab kecemasan para bumil Indonesia, Guesehat.com membuat aplikasi Teman Bumil. Co-founder teman Bumil Robyn Soetikno menjelaskan dukungan unutk ibu hamil tidak hanya bisa didapat dari suami atau keluarga terdekat. Dengan semakin majunya teknologi, aplikasi kehamilan juga ikut menyumbangkan perannya dalam mendukung ibu hamil, yakni dengan menyediakan informasi-informasi terpercaya.

“Teman Bumil hadir sebagai jawaban akan sedikitnya aplikasi kehamilan di Indonesia. memang saat ini banyak aplikasi kehamilan berbasis bahasa Inggris yang dibuat oleh negara lain. Namun banyak berapa kontennya yang tidak sesuai dengan budaya Indonesia. melihat kondisi tersebut, Teman Bumil hadir dengan konten yang sangat relevan dengan masyarakat dan budaya kita,” jelasnya saat peluncuran Teman Bumil di Grand Hyatt Hotel, Rabu (29/11).

Teman bumil memiliki beragam fitur andalan yang menarik, lanjut Robyn. Dalam aplikasi ini, Anda bisa mengetahui perkembangan janin dan perubahan tiap minggu kehamilannya. Jika kebingungan harus melakukan apa saja di masa kehamilannya, Teman Bumil memberikan daftar yang harus dilakukan. Beberapa bumil pun ada yang mengeluh menjadi lebih pelupa selama hamil, platform ini pun menyediakan fitur Agenda untuk membantu mengingat kegiatan.

“Menariknya, di aplikasi ini kita bisa melihat perkembangan organ janin secara 360, kemudian kita bisa mengunggah foto-foto masa kehamilan, dan sebagai bumil yang kebingungan akan adanya mitos-mitos selama hamil bisa melihat artikel dan tips yang tersedia untuk menjadi literatur apakah mitos tersebut benar atau tidak,” katanya.

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, Dr. Ardiansjah Dara Sjafruddin, Sp.OG memaparkan bumil biasanya mengalami masalah serta keluhan dan terkadang bingung unutk mencari saran dari mana.  “Nah, biasanya mereka cari saran dari orang tua, mertua, atau teman yang pernah hamil. Maka dari itu, bumil sebenarnya butuh teman unutk berkeluh kesah. Cocok sekali ada aplikasi seperti ini, karena bisa menjadi salah satu teman untuk bumil,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement