Kamis 30 Nov 2017 08:39 WIB

Tips Menjemur Pakaian Agar Lekas Kering dalam Ruangan

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nur Aini
Menjemur baju (ilustrasi).
Foto: b0cah.org
Menjemur baju (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengeringkan pakaian di luar ruangan dengan siraman sinar matahari berlimpah adalah cara menjemur paling ideal. Namun, jika cuaca tidak memungkinkan, mengeringkan pakaian di dalam ruangan juga bisa dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal berikut.

- Tempat menjemur

Perhatikan tempat menjemur pakaian yang akan dikeringkan, yaitu tempat paling cerah dan berangin dalam rumah. Jangan sekali-sekali menjemur pakaian di kamar tidur yang amat berpotensi membuat area tinggal terpapar spora jamur.

- Ventilasi

Buka jendela agar udara segar bisa mengalir masuk dan keluar saat menjemur pakaian dalam ruangan. Kipas penyedot udara atau extractor fan bisa membantu menekan kelembaban pakaian, tapi pastikan kipas bersih dan bebas dari debu sebelum digunakan.

- Pemanas ruangan

Berinvestasi membeli pemanas ruangan untuk dipakai di rumah sama sekali bukan pilihan merugikan. Selain menghangatkan suhu saat cuaca dingin, alat rumah tangga tersebut bisa membantu mempercepat waktu pengeringan pakaian yang dijemur di dalam rumah saat hari hujan.

- Dehumidifier

Sama seperti pemanas ruangan, dehumidifier alias penyerap udara lembab adalah perlengkapan rumah tangga yang cukup diperlukan. Terutama, jika tinggal di properti lawas yang punya masalah kelembaban sehingga memperlambat waktu pengeringan saat menjemur di dalam ruangan.

- Gantungan baju

Selain meletakkan pakaian di rak pengering, jemur sebagian pakaian dengan menggantungnya menggunakan hanger atau gantungan baju. Pembagian itu perlu untuk memastikan lebih banyak pakaian kering selekas mungkin, kemudian disetrika dan dimasukkan ke lemari pakaian.

- Waktu mencuci

Luangkan waktu untuk mencuci pakaian lebih awal dari biasanya jika telah berniat untuk mengeringkannya di dalam ruangan. Mencuci pakaian pada pagi hari membuatnya lebih cepat kering dibandingkan malam hari meski dijemur di dalam rumah, dikutip dari laman home.bt.com.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement