Jumat 24 Nov 2017 07:54 WIB

Pesan Hidup Michelle Obama Hadapi Ketegangan Akibat Politik

Rep: MGROL 99/ Red: Indira Rezkisari
Michelle Obama.
Foto: Reuters
Michelle Obama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebanyakan orang berpendapat bahwa iklim politik saat ini sudah menyebabkan Anda mengalami kelebihan kecemasan dan ketegangan. Perkara masa depan bangsa dan hubungan dengan orang terkasih dapat membuat Anda merasa lebih stres.

Untuk menghadapi permasalahan tersebut, mantan ibu negara Amerika Michelle Obama menyarankah hal ini.  "Fokus pada apa yang bisa Anda kendalikan. Jadilah orang baik setiap hari. Memilih. Baca, baca. Perlakukan satu sama lain dengan baik. Ikuti hukum," ujar Michelle, saat mengadiri acara di Center of Performing Arts Bushnell, Hartford, Connecticut, dilansir dari HuffPost.

Fokus pada apa yang bisa Anda kendalikan

Dan Reidenberg, direktur eksekutif Suicide Awareness Voices of Education dan ketua American Psychotherapy Association mengatakan semua peristiwa yang terjadi saat ini bisa terasa sangat luar biasa. Dan segalanya sesuatu tersebut bisa menyebabkan kegelisahan.

Berfokus pada apa yang bisa Anda lakukan tentu sangat membantu untuk menghadapinya. MIsalnya dengan membatasi terpaan siklus berita dan berpartisipasi dalam kegiatan yang membawa Anda kegembiraan.

“Menyaring berita buruk yang tidak bahagia, marah, kacau, penuh tekanan serta menjaga keseimbangan sehat antara tantangan dan hal-hal baik akan memungkinkan Anda mengendalikan hidup, bukan hidup yang mengendalikan Anda,” katanya.

Jadilah orang baik setiap hari

Saran ini baik untuk memperbaiki kesehatan mental. Ini berlaku untuk bagaimana Anda menghadapi diri sendiri dan bersikap terhadap orang lain. “Menjadi baik untuk diri sendiri dan orang lain akan meningkatkan harga diri, rasa percaya diri dan rasa bangga diri terhadap diri sendiri," kata Reidenberg.

Pemungutan suara

Tak sedikit orang yang merasa tak berdaya ketika menjelang hari pemilihan. Untuk menghadapi hal ini, American Psychological Association menyarankan untuk mengambil tindakan dengan ikut memilih dan terlibat terlibat dalam isu-isu yang penting bagi Anda adalah cara nyata untuk mengurangi stres terkait politik.

Baca

Membaca tentang apa yang terjadi di dunia dan selalu memperbaharui informasi dapat membantu Anda untuk mengatasinya. Ini adalah metode yang bahkan beberapa ahli gunakan untuk meredakan tekanan mereka sendiri terhadap politik.

"Pendekatan pribadi saya adalah tetap terfokus pada siklus berita, berharap ada sedikit dorongan atau setidaknya penghiburan untuk mendengarkan pandangan saya dan bertukar pandangan dengan yang lain," ungkap Susan Krauss Whitbourne, seorang profesor ilmu psikologis dan otak di University of Massachusetts, Amherst.

Tapi jika mengikuti berita tersebut membuat Anda merasa tidak nyaman, jenis bacaan lainnya mungkin bisa membantu. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2009 menemukan bahwa membaca buku yang bagus bisa menjadi salah satu cara paling efektif untuk mengurangi stress dibandingkan dengan mendengarkan musik atau menikmati secangkir teh.

Perlakukan satu sama lain dengan baik

Penelitian menunjukkan bahwa bersikap baik terhadap orang lain tidak hanya memperbaiki mood tapi juga bisa meningkatkan tingkat kebahagiaan Anda. Cobalah mencari cara untuk menyebarkan sedikit kebaikan.

Ikuti hukum

Hukum dibutuhkan untuk masyarakat agar berfungsi dengan baik. Reidenberg mengatakan perlu diingat juga kesehatan mental Anda terkait hal ini. Memiliki seperangkat aturan untuk diikuti dapat membantu meningkatkan kontrol perasaan Anda.

Jangan berkicau hal yang tidak baik

Berbagi pikiran dan perasaan negatif tidak akan membantu siapapun.  "Dengan berbicara buruk tentang orang lain, Anda tidak membantu siapa pun. Anda justru berkontribusi pada kecemasan yang dirasakan banyak orang saat ini. Dan bila ada banyak hal yang datang dari segala arah, keburukan dapat menyebabkan kecemasan dan stres,” kata Reidenberg.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement