Jumat 24 Nov 2017 05:26 WIB

Tentara Pembelot Korea Utara Penggemar Girls 'Generation

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Hazliansyah
Tentara Korea Utara (Ilustrasi)
Foto: EPA/Jeon Heon-Kyun/Poo
Tentara Korea Utara (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, -- Tentara Korea Utara berusia 24 tahun yang membelot ke Korea Selatan merupakan penggemar grup Girls 'Generation. Hal tersebut diungkapkan dr. Lee Cook Jong yang merawat tentara tersebut setelah aksi tentara tersebut melewati perbatasan dibawah rententan tembakan senjata tentara Korut.

Dilansir dari All Kpop, Awal bulan ini, seorang tentara Korea Utara dengan nama keluarga Oh menjadi berita utama saat dia secara dramatis berhasil lolos dari Korea Utara untuk melewati DMZ. Video yang dirilis terlihat seperti adegan di luar sebuah film laga.

Tentara Korea Utara itu ditembak berkali-kali dekat garis DMZ. Tentara Korea Selatan mengamankan Oh ke Rumah Sakit Universitas Ajou di Suwon, Korea Selatan. Disana tentara tersebut mendapat perawatan medis oleh dr. Lee Cook Jong.

Dr. Lee mengaku banyak berkomunikasi dengan Oh, terutama soal musik. Staf rumah sakit memainkan video musik Girls 'Generation untuknya.

"Dia senang mendengarkan lagu K-pop. Lagu favoritnya dari Girls 'Generation adalah //Gee//," kata dr. Lee, Kamis (23/11).

Oh mengatakan ketertarikannya pada penyanyi IU. Ia mengatakan, Oh penasaran apakah dirinya seusia dengan IU.

"Jadi nampaknya dia tahu tentang IU saat berada di Korea Utara," ujar dr. Lee.

Terkait kondisi kesehatan Oh sendiri, dikatakan dr. Lee, ditemukan cacing parasit di usus Oh. Selain itu, tentara itu menderita Hepatitis Kronis dan Tuberkulosis.

Para dokter menduga Oh menderita PTSD (gangguan stres pasca trauma). Oh mengatakan kepergiannya dari Korea Utara atas keinginannya sendiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement