Sabtu 18 Nov 2017 20:38 WIB

Besok, Bobby-Kahiyang akan Disambut Acara Haroan Boru

Rep: Issha Harruma/ Red: Nidia Zuraya
Pasangan pengantin baru, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution, menyapa tamu undangan yang hadir dalam sesi resepsi siang di Graha Saba, Solo, Rabu (8/11).
Foto: Republika/Halimatus Sa'diyah
Pasangan pengantin baru, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution, menyapa tamu undangan yang hadir dalam sesi resepsi siang di Graha Saba, Solo, Rabu (8/11).

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Pesta adat Mandailing pada acara ngunduh mantu Bobby Nasution-Kahiyang Ayu akan langsung digelar saat pasangan pengantin baru ini tiba di Medan, Ahad (19/11). Dari bandara Kualanamu, keduanya akan langsung dibawa ke kediaman keluarga Bobby di Bukit Hijau Regency, kompleks Taman Setiabudi Indah, Medan Selayang.

Paman Bobby, Erwan Nasution mengatakan, kedatangan Bobby dan Kahiyang di rumah tersebut akan disambut acara adat yang disebut Haroan Boru. Acara ini bermakna penyambutan atau penerimaan pengantin perempuan di kediaman mertuanya.

"Sebelum menikah dengan Bobby, putri semata wayang Bapak Jokowi dan lbu lriana ini sudah beberapa kali berkunjung ke rumah orang tua Bobby. Namun, 19 November besok adalah hari pertama Kahiyang sebagai istri Bobby berkunjung ke rumah mertuanya," kata Erwan, Sabtu (18/11).

Erwan pun menjelaskan sedikit rangkaian dari prosesi adat tersebut. Usai tiba di kediaman keluarga Bobby, pasangan pengantin anyar itu akan langsung disambut ibu Bobby, Ade Hanifah Siregar, di depan pintu masuk rumah. Keduanya lalu dituntun masuk dan didudukkan di tempat yang telah disediakan.

"Mereka akan melewati tumbuh-tumbuhan seperti daun pisang yang dipasang di depan pintu rumah Bobby. Maknanya, agar hubungan mereka selalu sejuk dan dingin," ujar adik almarhum Erwin Nasution, ayah Bobby ini.

Setelah keduanya didudukkan di atas Amak Lampisan atau tikar adat yang terdiri dari beberapa lapis, acara pun dilanjutkan dengan kata-kata sambutan dari pihak keluarga kedua pihak. Usai acara ini, Bobby dan Kahiyang lalu akan disuguhkan beberapa jenis makanan adat, seperti itak yang menggunakan santan dan makanan lain.

"Kemudian acara Haroan Boru ditutup dengan mendengar pasu-pasu atau kata-kata yang mengandung restu yang disampaikan oleh pimpinan sidang yang disebut Raja Panusunan," kata Erwan.

Erwan menambahkan, untuk mengikuti acara ngunduh mantu ini, ada sekitar 100 orang keluarga Kahiyang yang terbang dari Solo. "Sebagain mereka tiba pada 19 November bersama Bobby dan Kahiyang. Nanti mereka akan menginap di salah satu hotel," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement