Jumat 10 Nov 2017 13:05 WIB

Tak Sempat ke Perpusnas? Unduh Saja Aplikasinya

Rep: MGROL 99/ Red: Indira Rezkisari
Perpusnas menyediakan koleksi untuk berbagai kalangan, termasuk anak-anak.
Foto: MGROL 99
Perpusnas menyediakan koleksi untuk berbagai kalangan, termasuk anak-anak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk membaca buku mungkin Anda harus pergi ke perpustakaan. tapi untuk membaca buku dengan koleksi yang lengkap, tentunya Anda bisa berkunjung ke Perpustakaan Nasional(Perpusnas) Republik Indonesia.

Hal ini tentunya tidak masalah bagi Anda yang memiliki waktu luang, atau bagi yang bermukim di Jakarta. Tapi bagaimana dengan penduduk di seluruh Indonesia yang ingin mengakses buku dengan lengkap? Tak usah khawatir Anda bisa mengakses buku yang ada di Perpusnas dengan aplikasi Ipusnas.

Kepala Biro Hukum dan Perencanaan Perpusnas, Joko Santoso, menjelaskan sudah setahun yang lalu Perpusnas mengembangkan aplikasi digital untuk memudahkan masyarakat Indonesia mendapatkan bahan bacaan. Karena buku adalah jendela dunia, maka membaca menjadi perihal yang penting.

Ipusnas adalah sebuah aplikasi yang menyimpan beragam karya intelektual berupa buku, sastra, jurnal dalam bentuk teks. “Sekitar 20 ribu judul full teks terbitan dari Gramedia, Mizan, Angkasa dan penerbit lainnya ada di aplikasi ini,”ujarnya.

Uniknya, aplikasi ini didesain semenarik mungkin untuk menarik minat baca kalangan milenial, yakni semacam gabungan dari ebook yang terpaut di website Perpusnas yakni perpusnas.go.id dengan media sosial. Setelah membaca buku lalu bisa memperbarui status, berkomunikasi dengan menyukai bahkan berkomentar dengan sesama pengguna Ipusnas.

“Ipusnas ini sama seperti kita mengunjungi Perpusnas, bisa pinjam buku dalam jumlah yang banyak dan sifatnya full teks, enaknya saat kita punya waktu luang, senggang kita bisa baca buku di mana saja dan kapan saja,” ujarnya.

Tertarik untuk membaca secara daring koleksi Perpusnas, Ipusnas sudah bisa diunduh di Play Store  dan di App Store. Pendaftarannya mudah saja, bisa menggunakan email atau Facebook.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement