Rabu 08 Nov 2017 07:21 WIB

Kahiyang Kenakan Busana Putri Solo Klasik

Rep: Andrian Saputra/ Red: Indira Rezkisari
Persiapan akad nikah Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution di Graha Saba, Solo, Rabu (8/11).
Foto: Republika/Debbie Sutrisno
Persiapan akad nikah Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution di Graha Saba, Solo, Rabu (8/11).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Tak lama lagi putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, akan menjalani prosesi akad nikah dengan Bobby Nasution. Keduanya akan menikah dengan adat Jawa.

Busana pernikahan Jawa klasik menjadi pilihan Kahiyang Ayu. Sumaryono, seorang juru rias pengantin yang diberi kepercayaan oleh keluarga besar Jokowi untuk menangani rias kedua mempelai, mengatakan Kahiyang akan mengenakan busana putri Solo. Baru pada malam hari Kahiyang akan mengenakan busana basahan atau biasa disebut dodot.

Sedangkan untuk tata rias wajah, atau disebut paes juga dipaparkan Sumaryono yang sudah berkiprah di dunia pengantin adat sejak 1982. Pada prosesi akad nikah, paes yang digunakan Kahiyang berwarna hitam. Sedang pada malam hari berwarna hijau. Kahiyang akan tampil lebih cantik dengan rias manjangan ranggah pada bagian alis.

"Konsep perhiasan paesnya untuk (busana) Solo putri seperti pengantin biasa, tapi kita tentu saja harus lebih klasik, Ibu Iriana ingin unduh Solo yang klasik, yang asli tak begitu mencolok tapi sesuai pakemnya, sesuai gaya Surakarta. Malamnya juga sesuai gaya keraton Surakarta," terangnya.

Sumaryono mengaku bangga diberi kepercayaan oleh keluarga orang nomor satu di Indonesia. "Saya dapat amanah oleh Pak Jokowi dan Bu Iriana, untuk merias pengantinnya Mbak Kahiyang dan Mas Bobby. Mulai siraman, malam midodareni, ijab panggih dan resepsi malam," terang Sumaryono, beberapa waktu lalu.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement