Selasa 07 Nov 2017 13:38 WIB

Distributor Film Italia Tayangkan Da’wah di Seluruh Eropa

Rep: Irfan Junaedi/ Red: Dwi Murdaningsih
 Prosesi penandatanganan distribusi film 'Da'wah' untuk ditayangkan di seluruh Eropa antara Kaia Film dengan distributor film Italia Merlino Distribuzione.
Foto: Republika/Irfan Junaedi
Prosesi penandatanganan distribusi film 'Da'wah' untuk ditayangkan di seluruh Eropa antara Kaia Film dengan distributor film Italia Merlino Distribuzione.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Pemutaran film Da’wah di Festival Film Roma akhir pekan lalu mengundang perhatian para distributor untuk mengedarkan sajian tersebut ke seluruh daratan Eropa. Para distributor menawarkan diri untuk ditunjuk mengedarkan film yang menyajikan kedamaian Islam tersebut melalui kontrak kerja sama.

Merlino Distribuzione akhirnya dipilihan untuk menjadi distributor Da’wah di Italia maupun Eropa secara keseluruhan. Kontrak kerja sama ditandatangani pihak Kaia Film sebagai pembuat film Da’wah dan Merlino di Roma, Senin (7/11) siang waktu setempat. Dalam kontrak dinyatakan bahwa pemutaran film dokumenter berdurasi 60 menit itu tidak hanya di layar bioskop, tapi juga di jaringan TV kabel di Eropa.

Dalam penandatanganan tersebut pihak Merlino diwakili oleh anggota jajaran manajemennya, Demonico Gentili dan Kaia Film diwakili oleh produser Da’wah Sapta Nirwandar. Italo Spinelli sebagai sutradara dan Budiarman Bahar (co-produser yang juga mantan duta besar RI untuk Vatikan) turut menyaksikannya.

Film Da'wah Panen Pujian di Festival Film Roma

Usai penandatangani kerja sama Sapta menjelaskan bahwa kehadiran distributor ini menjadi pertanda baik bagi dakwah Islam di Eropa. Pihak distributor melihat bahwa film yang merekam dinamika kehidupan di Pesantren Dalwa, Pasuruan, Jawa Timur ini memberi sentuhan mendalam bagi masyarakat Eropa. “Film ini memang lebih penting disaksikan masyarakat di Eropa,” ujar mantan wakil menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia itu.

Melalui kehidupan pesantren tersebut terlihat betapa Islam sangat kuat mengajarkan prinsip-prinsip kedamaian. Sapta pun mengaku bersyukur atas kehadiran Merlino yang bersedia membantu mengedarkan film Da’wah ke seluruh Eropa. Chairman Halal Lifestyle Center itu pun menyampaikan bahwa konten dalam film tersebut menjadi informasi pengimbang bagi dunia Barat yang selama ini masih menerima informasi tentang Islam dengan citra yang keras.

“Film ini benar-benar memberi gambaran bahwa Islam itu sangat damai dan penuh kelembutan,” kata dia usai penandatanganan kontrak.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement