Selasa 07 Nov 2017 09:46 WIB

Keluarga Bobby Ambil Air Siraman dari Rumah Jokowi

Rep: Andrian Saputra/ Red: Winda Destiana Putri
Suasana di sekitar kediaman Presiden Joko Widodo menjelang acara Siraman Kahiyang Ayu, Selasa (7/11).
Foto: Republika/Debbie Sutrisno
Suasana di sekitar kediaman Presiden Joko Widodo menjelang acara Siraman Kahiyang Ayu, Selasa (7/11).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Sejumlah perwakilan keluarga Muhammad Bobby Afif Nasution membawa air siraman dari kediaman Presiden Joko Widodo pada Selasa (7/11) pagi tadi. Mengendarai mini bus hitam, beberapa orang anggota keluarga mempelai pria membawa air siraman yang berasal dari tujuh sumber mata air dalam sebuah kendi yang telah dihias dengan kembang melati. 

Rencananya air tersebut akan digunakan untuk prosesi siraman Bobby Nasution di Hotel Alila. Pengambilan air hanya selang beberapa saat usai prosesi pemasangan Bleketepe dan Tuwuhan di rumah Jokowi. 

Pagi tadi, mengenakan busana adat Jawa oranye lengkap dengan blangkon, Jokowi ditemani istrinya, Iriana Jokowi dan dua putranya Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep memasang bleketepe atau daun kelapa hijau di tabub depan rumahnya. Selain itu Jokowi juga memasang sejumlah tanaman seperti padi, tebu, dan pisang raja. 

"Prosesi ini berawal dari ki ageng tarub, uang menganyam tangkai dara tapi mampu mengayomi semua yang hadir. Dalam falsafah jawa prosesi ini mohon doa restu," kata Kanjeng Pangeran Winarno, pejabat Keraton Solo yang turut menyaksikan prosesi pemasangan bleketepe.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement