Selasa 07 Nov 2017 09:10 WIB

Siraman Kahiyang Ayu Dimulai Sejak Pagi Hari

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Andi Nur Aminah
Suasana di sekitar kediaman Presiden Joko Widodo menjelang acara Siraman Kahiyang Ayu, Selasa (7/11).
Foto: Republika/Debbie Sutrisno
Suasana di sekitar kediaman Presiden Joko Widodo menjelang acara Siraman Kahiyang Ayu, Selasa (7/11).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Hari ini keluarga Presiden Joko Widodo melakukan acara siraman untuk sang putri, Kahiyang Ayu. Prosesi ini menjadi salah satu adat menjelang pernikahan Kahiyang dengan Bobby Nasution.

Di dalam rumah kediaman, lantunan shalawat mulai terdengar. Suara dari sejumlah ibu-ibu menjadi penanda bahwa proses siraman segera dilakukan. Sejumlah tamu undangan pun terlihat mulai berdatangan.

Sekitar pukul 08.00 WIB, Jokowi mulai mempersiapkan diri untuk melakukan siraman Kahiyang Ayu. Mengenakan pakaian berwarna orange dengan bawahan warna coklat juga blankon warna senada, Jokowi awalnya tampak didampingi Mensesneg Pratikno dan Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan.

Tak lama kemudian, putra pertama Jokowi, Gibran, datang bersama keluarganya menggunakan pakaian serupa Jokowi. Hanya berselang lima menit setelah kedatangan, Jokowi ditemani keluarga kemudian melaksanakan prosesi pemasangan bleketepe atau pasang tarub atau anyaman daun kelapa, tepat di atas pintu masuk kediaman dari depan jalan. Hal ini bermakna untuk meneduhkan acara yang akan digelar.

Usai memasang bleketepe, Jokowi kemudian membuka tudung warna merah yang di dalamnya pisang bersisir-sisir. Di antara pisang yang ditata disimpan sejumlah hasil pertanian seperti padi kering, kelapa, dan tumbuh-tumbuhan lainnya. Setelah itu Jokowi dan keluarga pun kembali ke dalam rumah untuk segera melaksanakan siraman Kahiyang Ayu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement