Senin 06 Nov 2017 17:49 WIB

Pesan Jokowi ke Pemilik Kuda, Kudanya yang Jinak-Jinak Saja

Rep: Andrian Saputra./ Red: Andi Nur Aminah
Mujiono dan Kuda yang digunakan saat pernikahan Kahiyang Ayu
Foto: Republika/Andrian Saputra
Mujiono dan Kuda yang digunakan saat pernikahan Kahiyang Ayu

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Iring-iringan kereta kencana menjadi salah satu prosesi dalam pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dengan Muhammad Bobby Afif Nasution. Nantinya, sebelum prosesi akad nikah, Bobby akan menunggangi kereta kencana dari Hotel Alila, Solo. Sedangkan Kahiyang akan menunggangi kereta kencana dari kediamannya di Sumber, Solo.

Keduanya akan dibawa menuju ke gedung Graha Saba yang menjadi tempat pernikahan di jalan Letjen Suprapto. Usai ijab kabul, sore harinya, pasangan tersebut akan kembali menunggangi kereta kencana menyusuri sejumlah jalan protokol di Solo.

Di balik itu semua, ada sosok Mujiono. Ialah pemilik kuda yang disewa Jokowi untuk menyemarakan pernikahan Kahiyang dan Bobby.

Sudah beberapa kali, Jokowi menggunakan kuda-kuda peliharannya untuk berbagai acara. Mujiono menyebut saat Jokowi menjabat sebagai Wali Kota Solo, kudanya menjadi pilihan untuk iring-iringan hajat Pemkot Solo. Begitu juga ketika Jokowi merayakan kemenangan saat menjadi Gubernur DKI Jakarta, kuda Mujiono juga ikut dalam iring-iringan di Solo.

Teranyar, saat Jokowi menang Pilpres dan menikahkan putra pertamanya Gibran Rakabuming Raka, kuda Mujiono juga diminta untuk memeriahkan acata itu. "Untuk Kahiyang nanti keretanya ada delapan, kudanya 16 ekor, sebagian kuda punya saya sebagian punya teman," tutur Mujiono, Senin (6/11).

Rata-rata kuda yang akan turun dalam iring-iringan pengantin itu berusia tujuh tahun. Ia pun telah menggelar gladi bersama kawalan TNI dan Polri. Yang menarik lainnya, dua ekor kuda yang akan digunakan untuk membawa Kahiyang dari rumah menuju Graha Saba merupakan kuda terbesar yang dimiliki Mujiono. Kuda-kuda berwarna coklat tua itu diberi nama Agustin dan Srikandi. "Semua kudanya betina, nanti kuda saya yang bawa Kahiyang," kata dia.

Mujiono pun mengaku senang dapat dipercaya lagi untuk turut serta memeriahkan pernikahan putri Jokowi. Kendati demikian, ia enggan membeberkan nilai sewa kuda untuk pernikahan Kahiyang.

Sejak kuda-kudanya itu diminta untuk turut serta dalam menyukseskan pernikahan Kahiyang, Mujiono pun lebih meningkatkan perhatian pada kuda-kudanya. Dia pun memastikan kuda miliknya itu dalam kondisi sehat saat digunakan nanti.

"Begitu bapak bilang tanggal segini mau, ya sudah saya siapkan. Yang penting jaga kondisinya, dan sudah dicek juga sama paspampres. Pak Jokowi hanya pesan kudanya yang jinak-jinak saja," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement