Senin 06 Nov 2017 17:09 WIB

Jokowi Siap Jadi Wali Pernikahan Putrinya

Rep: Adrian Saputra/ Red: Andi Nur Aminah
Presiden Joko Widodo bersama Keluarga mengumumkan sejumlah hal terkait persiapan pernikahan Kahiyang Ayu. Jokowi memastikan seluruh persiapan pernikahan putrinya dengan Muhammad Bobby Afif Nasution  telah selesai.
Foto: Republika/Andrian Saputra
Presiden Joko Widodo bersama Keluarga mengumumkan sejumlah hal terkait persiapan pernikahan Kahiyang Ayu. Jokowi memastikan seluruh persiapan pernikahan putrinya dengan Muhammad Bobby Afif Nasution telah selesai.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Presiden Joko Widodo akan bertindak langsung sebagai wali saat pernikahan putrinya Kahiyang Ayu dan Muhammad Bobby Afif Nasution. Pada saat prosesi ijab qobul, Jokowi akan langsung melafalkan kalimat ijab kabul dan akan diikuti Bobby Afif Nasution. "Ndak diwakili, sendiri. Sendiri. Saya biasa-biasa saja, tutur Jokowi pada Senin (6/11).

Pernikahan Kahiyang dan Bobby akan berlangsung Rabu (8/11). Namun sehari sebelumnya, keduanya akan menjalani serangkaian prosesi adat yakni siraman dan midodareni. Sementara itu, Jokowi mengaku untuk menyukseskan pernikahan Kahiyang dan Bobby, dia melibatkan banyak pihak. "Tetangga semuanya dilibatkan, supir becak juga diajak. Semua juga diundang, tetangga, saudara, dari pasar, PKL diundang," katanya.

Nantinya, sebelum akad nikah, Kahiyang dan Bobby akan menunggangi kereta kencana menuju Graha Saba Buana, gedung yang digunakan untuk ijab kabul dan resepsi. Keduanya berangkat dari tempat berbeda. Bobby dari Hotel Alila sedangkan Kahiyang dari kediamannya.

Pada sore harinya, atau setelah akad nikah, kedua pasangan tersebut akan di arak kembali menggunakan kereta kencana melewati sejumlah jalan protokol di Solo. Jokowi mengatakan tak terlalu banyak perbedaan antara pernikahan Kahiyang dengan kakaknya Gibran Rakabuming Raka yang menikah dengan Selvi Ananda pada 2015.

 

"Bedanya kalau di Jawa itu kalau yang perempuan yang namanya mantu. Tapi kalau laki-laki kaya mas Gibran itu, ngunduh mantu, bedanya di situ," tuturnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement