Ahad 05 Nov 2017 05:05 WIB

Ini Kiat Agar Olah Raga Jadi Kebiasaan Rutin

Rep: Christiyaningsih/ Red: Didi Purwadi
Seorang wanita sedang berolahraga pagi. (ilustrasi)
Foto: EPA/Fazry Ismail
Seorang wanita sedang berolahraga pagi. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang mengeluh tidak bisa menjadikan olah raga sebagai kegiatan rutin mereka sehari-hari. Sekadar meluangkan waktu 15 menit untuk melakukan meditasi pun sulit karena padatnya aktivitas atau kelelahan yang mendera.

Dikutip dari laman Stylist, peneliti telah menemukan cara agar kita dapat lebih mudah membiasakan diri untuk berolah raga. Studi yang dipublikasikan di Journal of Health Psychology ini menjelaskan jika seseorang ingin memulai kebiasaan baru sebaiknya kebiasaan baru itu dilakukan saat pagi hari. Melakukan rutinitas baru di pagi hari disebut lebih cepat melekat dalam diri seseorang ketimbang dilakukan pada sore atau malam hari.

Penelitian itu melibatkan 48 murid yang diminta membiasakan pemanasan dan olahraga ringan selama 90 hari. Separuh dari murid diinstruksikan melakukan pemanasan di pagi hari. Sedangkan sisanya melakukan pada sore hari.

Perkembangan seluruh responden dipantau melalui aplikasi dan pengukuran bulanan. Hasilnya, kelompok pagi lebih cepat terbiasa berolah raga daripada kelompok sore. Kelompok pagi menunjukkan hasil bahwa mereka 'lebih cepat 50 hari melakukan kegiatan baru secara otomatis' dibandingkan kelompok sore.

Menurut peneliti, hasil tersebut dipengaruhi oleh kadar hormon kortisol. Pada pagi hari kadar kortisol lebih tinggi daripada waktu lainnya.

Aktivitas pemanasan dan olah raga di pagi hari juga diyakini lebih ringan dilakukan dan lebih memuaskan. Olah raga pagi menciptakan suasana hati yang lebih baik sepanjang hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement