Jumat 03 Nov 2017 18:35 WIB

'Jelajah Borobudur' Kembangkan Potensi Wisata Perdesaan

Borobudur
Foto: Antara
Borobudur

REPUBLIKA.CO.ID, BOROBUDUR -- PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC) meluncurkan (soft launching) Jelajahi Borobudur (Explore Borobudur) bertajuk 'Ride Around to Get The Unforgettable Experience'. Paket wisata ini mengajak wisatawan menikmati keindahan dan potensi wisata di desa-desa sekitar Borobudur.

Badan usaha milik negara (BUMN) sebagai  instrumen pemerintah akan berperan aktif sebagai agen pembangunan guna mendorong percepatan pembangunan yang berorientasi pada pembangunan komunitas guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu PT TWC berinisiatif membangun dan mengembangkan potensi wisata di kawasan Borobudur melalui paket 'Explore Borobudur'. Menurut Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Edy Setijono, balai ekonomi desa (balkondes) menjadi salah satu komponen utama dalam paket 'Explore Borobudur'.

Di samping pemangku kepentingan lain, seperti pengrajin, industri rumah tangga, serta objek-objek wisata pendukung lainnya. "Ini adalah periode aktivasi balkondes untuk menunjukkan karya-karya nyata yang akan semakin melengkapi keberadaan balkondes itu sendiri. Tujuannya untuk menciptakan aktivitas-aktivitas pada titik-titik keramaian di desa-desa sekaligus menyalakan lampu-lampu terang di kawasan Borobudur," kata Edy, Jumat (3/11).

Paket ini, sambung dia, merupakan wujud sinergitas antarpihak yang melibatkan masyarakat, pemilik mobil VW, dan badan usaha masyarakat desa (bumades) dalam pengelolaannya. Edy Setijono, biasa disapa Tio, juga menambahkan bahwa paket 'Explore Borobudur' bertujuan untuk mendistribusi wisatawan ke kawasan Borobudur dengan menggunakan moda transportasi mobil VW Safari, mobil dinas camat pada tahun 70-an.

Untuk tahap awal ada empat destinasi dalam paket tersebut. Antara lain Observasi Tahu dan Explore Desa Tanjungsari (durasi dua jam), Observasi Gerabah dan Explore Desa Karanganyar (durasi dua jam), Belajar Gamelan dan Explore Desa Giritengah (durasi tiga jam), dan Wisata Alam dan Explore Desa Karangrejo (durasi dua jam).

Sementara itu Camat Borobudur, Nanda Cahyadi Pribadi, menyampaikan apresiasi kepada semua pihak atas terwujudnya paket 'Explore Borobudur'.

"Semoga keberadaan paket Safari VW ini bisa membawa manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat dan pengembangan pariwisata. Kuncinya hanya satu, bersatu," kata Nanda.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement