Selasa 31 Oct 2017 08:05 WIB

Jualan Paket Wisata di UEA, Hasilkan Transaksi Rp 34,9 M

Pantai Sanur
Foto: Wisatabali
Pantai Sanur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Predikat ASEAN Favourite Destination yang melekat di brand Wonderful Indonesia berdampak signifikan terhadap Sales Mission Uni Emirate Arab (UEA), 18-19 Oktober 2017 silam. Dari dua hotel bintang 5 di Dubai dan Abu Dhabi, Kemenpar sukses mencatat potensial transaksi Rp 34,930 miliar.

“Hasil ini akan menaikkan level kepercayaan diri kita,” ujar Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar I Gde Pitana.
 
Di Timur Tengah, Wonderful Indonesia memang sangat diperhitungkan quality buyers. Dunia sudah seringkali menobatkan Wonderful Indonesia sebagai yang terbaik. Juara dunia video pariwisata, jawara di 46 events dari 22 negara. Belum lagi pengakuan TripAdvisor yang sudah dua kali menetapkan Bali sebagai World Best Destination.
 
“Ingat, setiap country branding naik 10 persen, maka pariwisata akan terdongkrak naik 11 persen, dan investasi bakal naik 2 persen. Begitu pun sebaliknya,” kata Pitana.
 
Ucapannya pun terbukti. Bali menjadi destinasi paling banyak dicari. Paling banyak dibeli. Dan umumnya, pemesanan paket liburannya adalah leisure untuk jangka waktu yang panjang. “Banyak yang penasaran dengan liburan Raja Salman ke Bali, beberapa waktu lalu. Tokoh dunia seperti itu memang membuat Wonderful Indonesia makin berkibar di Middle East,” kata dia.
 
Jumlah paket yang laku dijual pun menembus ribuan. “Sebanyak enam industri Indonesia mendapatkan appointment dengan total 5.883 pax. Nilai transaksinya setara Rp 34,930 miliar,” kata I Gde Pitana.
 
Respons Menteri Pariwisata Arief Yahya pun sangat positif. Dia mengaku senang dengan capaian industri di Sales Mission UEA, beberapa waktu lalu. “Kemenpar akan terus mendorong mitra kerja dan komunitas tour and travel untuk terus menggali pasar Timur Tengah. Kita memang harus rajin mengikuti Sales Mission seperti itu, dan harus selalu tampil yang baik,” ujar Arief Yahya.
 
Saat ini, rasio wisman UEA memang kalah dari Saudi Arabia dan Oman. Tapi bila digabungkan dengan jutaan orang yang transit dan ekspatriat yang tinggal di sana, kekuatannya jadi sangat dahsyat. Total populasi UEA tercatat lebih dari 10 juta. Sebanyak 1,8 juta adalah warga asli UEA. Sisanya, diisi oleh ekspatriat. “Itu seperti menjaring di kolam yang penuh ikan. Dubai adalah hub dunia. Tempat jutaan orang transit setiap tahun. Dan kita harus masuk lewat pintu pariwisata, promosikan yang kuat, kelak itu akan membuka pintu global,” kata dia.

sumber : Kemenpar
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement