Jumat 20 Oct 2017 18:02 WIB

Antusiasme Penyewa Apartemen di Kota Besar Meningkat

Rep: Christiyaningsih/ Red: Esthi Maharani
Apartemen dan rumah semi permananen di kisaran sunter podomoro, Senin (9/10).
Foto: Republika / Darmawan
Apartemen dan rumah semi permananen di kisaran sunter podomoro, Senin (9/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apartemen menjadi tren hunian yang makin populer di kalangan masyarakat perkotaan belakangan ini. Fenomena ini tercermin dari survey yang dilakukan oleh situs iklan baris OLX. Survey menunjukkan kecenderungan masyarakat untuk menyewa apartemen kian menanjak.

Sepanjang tahun 2017, pencari apartemen di OLX meningkat hingga 20 persen dibandingkan tahun lalu. Jawa Barat duduk di peringkat pertama sebagai provinsi yang apartemennya paling dicari. "Daerah pencarian terpusat di wilayah Bogor, Depok, dan Bekasi," ungkap Agung Iskandar selaku Chief Commercial Officer OLX Indonesia, Kamis (19/10).

Peringkat di bawahnya berturut-turut ditempati oleh Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Banten. Terfokusnya pencarian di Pulau Jawa tak lepas dari predikatnya sebagai pusat bisnis. Sebanyak 70 persen penyewa yang mencari apartemen lewat OLX didominasi mereka yang berusia 21 sampai 35 tahun.

"Mahasiswa atau keluarga muda menyewa apartemen sebagai tempat tinggal sementara. Mereka pada umumnya belum membeli rumah tapak karena masih menunggu kemapanan finansial," jelas Agung.

Tren tinggal di apartemen sebagai gaya hidup marak sekitar lima hingga sepuluh tahun terakhir. Merujuk pada survey yang sama, ada beberapa alasan mengapa seseorang memilih tinggal di apartemen. Selain sebagai tempat tinggal yang praktis, apartemen juga menawarkan kedekatan jarak dengan tempat kerja atau kampus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement