Jumat 20 Oct 2017 15:47 WIB

Ini Alasan Kenapa Kaum Urban Pilih Tinggal di Apartemen

Rep: Christiyaningsih/ Red: Esthi Maharani
Apartemen dan rumah semi permananen di kisaran sunter podomoro, Senin (9/10).
Foto: Republika / Darmawan
Apartemen dan rumah semi permananen di kisaran sunter podomoro, Senin (9/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tinggal di apartemen telah menjadi gaya hidup yang populer sejak beberapa tahun belakangan. Sejumlah alasan mendasari mengapa seseorang memilih tinggal di apartemen daripada di rumah tapak. Survey yang dilakukan oleh situs iklan baris OLX kepada pengguna mengungkap alasan tersebut.

Ada tiga faktor utama yang menjadi pertimbangan pengguna OLX dalam memilih apartemen. Pertama adalah harga yang terjangkau. Kedua, lokasi apartemen yang dekat dengan tempat bekerja atau tempat beraktivitas. Alasan ketiga adalah adanya fasilitas keamanan yang memadai.

Survey yang sama menyebut dalam sebulan OLX rata-rata menerima sekitar 16 ribu iklan penyewaan apartemen dan 14 ribu iklan penjualan apartemen. "Di OLX apartemen yang ditawarkan untuk dijual meningkat tujuh persen sedangkan untuk yang disewakan meningkat 33 persen dibandingkan tahun lalu," ungkap Chief Commercial Officer OLX Indonesia Agung Iskandar, Kamis (19/10).

Sebanyak 70 persen penyewa yang mencari apartemen lewat OLX didominasi mereka yang berusia 21 sampai 35 tahun. "Mahasiswa atau keluarga muda menyewa apartemen sebagai tempat tinggal sementara. Mereka pada umumnya belum membeli rumah tapak karena masih menunggu kemapanan finansial," jelas Agung.

Ahmad Rozali adalah salah satu warga Jakarta yang memilih tinggal di apartemen. Rozali dan keluarganya menyewa apartemen di bilangan Kalibata, Jakarta Selatan. "Tinggal di apartemen karena kemudahan akses dan penyewaan. Lokasi apartemen juga strategis dan dekat dengan kantor di Matraman," kata pria yang baru saja dikaruniai momongan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement