Rabu 04 Oct 2017 12:52 WIB

Hari Binatang Sedunia, Ini Asal Muasalnya

Hari Binatang Sedunia
Foto: wikipedia
Hari Binatang Sedunia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari Binatang Sedunia dirayakan di seluruh dunia pada Rabu ini atau setiap tanggal 4 Oktober. Perayaan Hari Binatang Sedunia dihelat agar kita lebih menghargai binatang sebagai mahluk ciptaan Tuhan.

Adalah Heinrich Zimmermann yang pertama kali mencetuskan Hari Binatang Sedunia. Penulis pada majalah Jerman 'Mensch und Hund' (Man and Dog) ini menghelat Hari Binatang Sedunia yang pertama pada 24 Maret 1925. Acara yang digelar di sebuah gedung serbaguna di Berlin, Jerman ini dihadiri 5.000 orang.

Seperti dikutip dari Worldanimalday.org.uk, acara tersebut awalnya akan digelar pada tanggal 4 Oktober. Tanggal tersebut dipilih dengan merujuk hari perayaan Santo Fransiskus Assisi yang dikenal sebagai pecinta alam. Namun, rencana tersebut batal karena tidak adanya ketersediaan tempat.

Perayaan Hari Binatang Sedunia akhirnya bisa digelar tanggal 4 Oktober untuk pertama kalinya pada 1929. Awalnya perayaan ini hanya diikuti oleh pecinta binatang dari Jerman, Austria, Swiss dan Cekoslowakia.

Zimmermann terus bekerja keras dalam mempromosikan Hari Binatang Sedunia. Akhirnya pada Mei 1931, Kongres Perlindungan Binatang Internasional meresmikan tanggal 4 Oktober sebagai tanggal perayaan Hari Binatang Dunia. Kongres yang digelar di Florentina, Italia itu secara bulat menerima keputusan tersebut dan mengadopsinya sebagai sebuah resolusi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement