Sabtu 30 Sep 2017 09:02 WIB

Wah, Sketsa Lukisan Mona Lisa Ditemukan di Prancis

Rep: Halimatus Sadiyah/ Red: Endro Yuwanto
Monalisa
Foto: .
Monalisa

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Sketsa dari lukisan fenomenal Mona Lisa ditemukan di Kota Chantilly, Prancis. Ia dipajang di Museum Conde, yang berada di Istana Chantilly, sejak 1862 silam.

Para ahli percaya, sketsa tersebut merupakan bagian dari lukisan Mona Lisa karya pelukis asal Italia, Leonardo da Vinci. Untuk membuktikannya, pakar seni Pemerintah Prancis melakukan analisa di sebuah laboratorium yang terletak di bawah Museum Louvre, tempat di mana lukisan Mona Lisa dipamerkan.

Para pakar berusaha memastikan apakah sketsa tersebut benar-benar dibuat oleh Leonardo sebelum ia melukis Mona Lisa. Sebab, sebelumnya sketsa yang menampilkan potret wanita tanpa busana itu selalu dikaitkan dengan murid Leonardo.

"Sketsa gambar ini cukup misterius karena kami tahu bahwa ini dibuat di Italia, mungkin di studio Leonardo da Vinci dan dibuat oleh sang maestro sendiri," kata kurator museum Mathieu Deldique seperti dikutip ABC News, Jumat (29/9).

Ada beberapa faktor yang membuat pakar menduga kuat bahwa sketsa tersebut dibuat oleh Leonardo. Salah satunya mengenai kertas yang dibuat untuk menggambar sketsa. Mathieu mengatakan, kertas tersebut berasal dari Italia dan dibuat pada masa di mana Leonardo da Vinci hidup dan aktif berkarya.

Namun begitu, ada sejumlah perbedaan antara sketsa dengan lukisan, di antaranya gaya rambut dan tangan Mona Lisa. Sketsa tersebut juga hanya menampilkan Mona Lisa tanpa busana.

Mona Lisa merupakan sebuah karya fenomenal yang dibuat maestro lukis Leonardo da Vinci pada abad ke-16. Ia merupakan lukisan yang paling banyak dikunjungi di dunia. Mona Lisa juga disebut-sebut sebagai lukisan termahal dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement