Rabu 06 Sep 2017 03:03 WIB

Pembelian Pulsa Duduki Peringkat Pertama di Belanja Online

Rep: Rossi Handayani/ Red: Esthi Maharani
Online shop (ILustrasi)
Foto: News
Online shop (ILustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Shopback, platform yang mewadahi toko dan transportasi online mengadakan survei perilaku konsumen. Country General Manager Shopback Indonesia, Indra Yonathan mengatakan, saat ini banyak orang yang belanja online untuk membeli pulsa.

"Pembelian pulsa selular bahkan saat ini menduduki peringkat pertama sebesar 58 persen, mengungguli fashion dan gadget," kata Indra Yonathan di Jakarta, Selasa (5/9).

Saat ini konsumen memang banyak mengandalkan e-commerce untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Belanja online yang semakin meningkat didasari pandangan konsumen akan kemudahan berbelanja, tanpa harus pergi ke luar rumah.

"Sebanyak 92,3 persen konsumen mengatakan aktivitas belanja online mereka di tahun ini meningkat jika dibandingkan dengan aktivitas di tahun sebelumnya," ujar Indra.

Ia melanjutkan, sebanyak 83 persen konsumen bahkan mengaku telah mengurangi aktivitas berbelanja di toko tradisional. Sedangkan untuk belanja online bisa mencapai hingga lima kali dalam sebulan. Hasil tersebut lebih tinggi dari survei pada tahun sebelumnya sebanyak 1-2 kali dalam sebulan.

Sementara itu, kebutuhan utama lainnya seperti pembayaran listrik, kini mulai mengandalkan e-commerce. Pemanfaatan jasa transportasi online pun kian meningkat hingga 83 persen. Survei yang dilakukan Shopback melibatkan 2.455 responden selama Agustus 2017. Responden berasal dari Jabodetabek, Bandung, Makassar, Bali, Semarang dan kota lainnya, dengan usia antara 15-55 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement