Selasa 05 Sep 2017 15:38 WIB

Atlet Pun Wajib Menjaga Penampilan Kulitnya

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Bambang Pamungkas
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Bambang Pamungkas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemain sepak bola Indonesia Bambang Pamungkas tidak hanya piawai mempertahankan kualitas aksi menggiring bola di lapangan. Pria yang biasa disapa Bepe itu juga selalu menjaga penampilan dengan cara aktif merawat kulit.

"Pesepakbola tidak hanya atlet, tetapi juga bisa menjadi duta untuk berbagai hal. Karena itu, penampilan wajib dijaga," ungkap Bepe saat dijumpai pada Media Gathering Nivea Men Indonesia di Morrissey Hotel, Jakarta, Selasa (5/9).

Bepe mengatakan, perawatan kulit yang ia lakoni amat sangat sederhana, yaitu dengan rajin mencuci muka minimal dua kali sehari. Frekuensi tersebut bisa bertambah apabila dirinya memiliki kegiatan yang lebih padat atau pertandingan bola hingga malam hari.

Atlet 37 tahun kelahiran Semarang itu mengaku tidak menggunakan produk perawatan wajah apapun selain sabun cuci muka. Bahkan, sambil berseloroh Bepe merasa dirinya geli jika harus memakai pelembab, tabir surya, atau sejenisnya.

Terkait jenis kulit, Bepe menyebutkan wajahnya cenderung berminyak dan mudah kusam. Karenanya, pemain klub sepak bola Persija Jakarta dengan nomor punggung 20 tersebut selalu memilih produk yang khusus mengatasi minyak berlebih.

Selain faktor internal jenis kulit berminyak, faktor eksternal seperti kondisi lingkungan juga disebutnya membuat atlet perlu lebih cermat merawat wajah. Bepe bergurau, jika di Madrid, Spanyol, ada Stadion Santiago Bernabeu, di Indonesia lapangan dan stadionnya ''berdebu''.

"Kantor saya lapangan, tidak pakai AC, panas, banyak debu dan kotoran menempel, kalau jarang cuci muka pasti wajah langsung kusam," ujar Bepe yang rata-rata berlatih sepak bola dua kali sehari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement