Kamis 31 Aug 2017 14:07 WIB

My Trip My Adventure Bantu Promosikan Pariwisata Indonesia

Pembawa acara My Trip My Adventure.
Foto: Instagram @mytrip_myadvnt
Pembawa acara My Trip My Adventure.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pariwisata (Kemenpar) terus mencari jalan tercepat dan terbaik untuk mempromosikan Wonderful Indonesia. Setelah membentuk Generasi Pesona Indonesia (Genpi) dan Generasi Wonderful Indonesia (Genwi), kini giliran Kemenpar menggandeng komunitas My Trip My Adventure (MTMA) Indonesia.

Misi yang diusung sama, yaitu mempromosikan Wonderful Indonesia ke seluruh dunia. Pemilihan MTMA Indonesia dinilai cocok untuk menggandeng anak-anak muda yang hobi wisata petualangan. Maklum, saat ini banyak orang sedang gandrung demam My Trip My Adventure. Tiap episode selalu mengeksplorasi tempat wisata baru yang selama ini jarang dijamah. Anggotanya pun banyak. Jumlahnya mencapai 2 ribu anggota di 80 regional se-Indonesia.

Fenomena ini tak ingin dilewatkan begitu saja oleh Kemenpar. Komunitas MTMA Indonesia, yang notabene merupakan generasi milenial itu sangat peduli potensi pariwisata di setiap daerah. Mereka sangat familiar dengan gawai dan media daring. Itulah yang digandeng Kemenpar. Mereka diajak mempromosikan pariwisata Indonesia lewat gaya MTMA Indonesia.

“Ini generasi berbasis komunitas yang memililiki aktivitas rutin dan aktif dalam mempromosikan Pesona Indonesia. Blog, vlog, media sosial (medsos), dan sosmed lainnya dijadikan senjata untuk menyebarkan pariwisata Indonesia kepada masyarakat luas," ujar Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar, Esthy Reko Astuti, dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Kamis (31/8).

Respons MTMA Indonesia pun sangat positif. Setelah menggelar Musyawarah Nasional (Munas), pada 26 hingga 27 Agustus di Palembang, MTMA Indonesia menjadi semakin bersemangat mengibarkan Pesona Indonesia. Presiden MTMA Indonesia periode 2017-2019, Djuneidi Uet Mohune, yang berasal dari Regional Gorontalo bahkan sampai ikut mengawal langsung lewat akun Instagram bernama @Uet_Oasis. Akun instagram @mytrip_myadvnt yang telah memilik 2,9 juta pengikut dan akun @mytrip_myadvntrindonesia yang memiliki 158 ribu pengikut bakal membantu memviralkan Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia hingga ke seluruh penjuru dunia.

"Kami terus bersemangat mempromosikan potensi pariwisata Indonesia. Caranya? dengan lebih sering mengeksplore lagi keindahan alam, adat, dan budaya yang berpotensi sebagai destinasi wisata baru di Indonesia. Komunitas MTMA akan terus mempromosikan keindahan Indonesia dalam bentuk foto dan video dengan #pesonaindonesia dan #wonderfulindonesia serta menyosialisasikan Sapta Pesona ke masing-masing daerah," jelasnya.

Yang dibidik Uet hanya satu. Ke depan, dia ingin MTMA Indonesia akan lebih terarah dan menjadi komunitas nomor satu di Indonesia yang menjadi mitra yang baik dengan pemerintahan setempat. "Kami akan menjalin kerja sama dan terus explore dan mengenalkan pada dunia bahwa Indonesia itu indah," ujarnya.

Niatan Uet tadi ikut direspons Menpar, Arief Yahya. Bagi Arief, basis komunitas adalah amunisi pariwisata untuk daerah dan Indonesia. Kalau dianalogikan dengan perang, basis komunitas inilah yang punya peranan mengenali musuh dan memiliki strategi untuk memenangkan peperangan melalui pemasaran digital dan kelestarian destinasi. “Kita harus kompak dan mempelajari strategi perang musuh. Itu adalah kunci mengembangkan pariwisata Indonesia, khususnya dalam mewujudkan target 2017 hingga 2019, ” kata Arief.

sumber : Kemenpar
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement