Jumat 25 Aug 2017 06:19 WIB

Tips Bangun Energi Positif di Tempat Kerja

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Winda Destiana Putri
Wanita bekerja
Foto: Pexels
Wanita bekerja

REPUBLIKA.CO.ID, Sebagian besar karyawan menghabiskan waktu untuk bekerja dalam bidang pekerjaan masing-masing. Karena itu, membangun energi positif di tempat kerja adalah hal penting yang harus dilakukan bersama oleh seluruh pihak.

Pengusaha produk kecantikan Liz Earle mengatakan, sikap positif tersebut bisa dibangun dengan cara-cara sederhana. Beberapa aksi kecil berikut disebutnya bisa membuat perubahan besar, seperti dikutip dari laman HRD Online.

Saling peduli

Saling memberi perhatian dan menunjukkan kepedulian terhadap kolega bisa membangun energi positif di tempat kerja. Beberapa contoh sederhana seperti menanyakan kabar anak, sering ngopi bersama, atau mengingat tanggal ulang tahun dan memberi hadiah.

Sedikit mobilitas

Di zaman serba gawai, setiap pekerja kemungkinan besar sibuk membalas surel dan panggilan telepon tak berkesudahan. Sempatkan waktu untuk melakukan sedikit mobilitas seperti berjalan kaki melemaskan otot atau menghirup udara segar.

Cemilan sehat

Menyimpan stok cemilan di kantor akan membuat kondisi tubuh terjaga, selain pikiran lebih fokus dan bahagia saat bekerja. Salah satu contoh kudapan sehat yang bisa Anda siapkan adalah kacang-kacangan yang kaya vitamin E, antioksidan, dan punya banyak manfaat bagi kulit.

Aspek alami

Terpaan sinar matahari alami dan ventilasi udara yang baik akan meningkatkan kebahagiaan dan konsentrasi di tempat kerja. Ajak kawan berjalan kaki sejenak saat makan siang untuk mengimbangi waktu panjang yang dihabiskan di ruangan berpendingin.

Tinjau ruang kerja

Penting untuk meninjau apakah ruang fisik tempat kita bekerja sudah kondusif mendukung produktivitas. Misalnya, pemeriksaan berkala oleh ahli ergonomi untuk menilai apakah kursi dan meja kerja mengganggu postur tubuh dan memicu cedera.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement